Sidoarjo (Antara Jatim) - Komandan Brigade Infanteri-1 Marinir Kolonel Marinir Sugianto, menerima penyerahan Jabatan Komandan Batalyon Infanteri-3 Marinir di lapangan apel  Brigif-1 Marinir Gedangan, Sidoarjo, Rabu.

Jabatan Komandan Batalyon Infanteri-3 Marinir tersebut diserahkan oleh Letkol Marinir Bakti Dasasasi Penanggungan, kepada Komandan Brigif-1 Marinir, dikarenakan Letkol Marinir Bakti Dasasasi Penanggungan, S.E beberapa waktu yang lalu sudah dilantik oleh Komandan Brigif-1 Marinir sebagai Perwira Staf Operasi (Pasops) Brigif-1 Marinir.

Dalam amanatnya, Komandan Brigif-1 Marinir mengatakan, penyerahan jabatan penyerahan jabatan pada hakekatnya mengandung dua makna strategis ditinjau dari aspek pembinaan.

"Yaitu merupakan bagian penting dari upaya untuk mendinamisasikan organisasi agar tetap mampu menghadapi perkembangan lingkungan dan dinamika tantangan tugas ke depan. Selain itu, juga merupakan bagian dari proses pembinaan Korps Marinir agar menjadi lebih baik dari waktu ke waktu," katanya.

Ia mengatakan, bahwa penyerahan jabatan juga merupakan wujud kepercayaan dan kehormatan dari pemimpin TNI AL/Korps Marinir yang diberikan kepada para pejabat yang bersangkutan.

"Melalui penugasan berbagai jabatan strategis dalam rangka pengembangan kepemimpinan bagi perwira terpilih, serta kemampuan manajerial dalam menghadapi penugasan yang berbeda," katanya dalam siaran pers.

Batalyon Infanteri-3 Marinir, lanjutnya, merupakan kekuatan utama Brigif-1 Marinir yang mempunyai tugas pokok membina kemampuan dan menyiapkan kekuatan untuk melaksanakan operasi amphibi, operasi pertahanan, operasi pengamanan pulau-pulau terluar yang bersifat strategis serta operasi-operasi tempur lainnya sesuai dengan kebijakan komando atas.

"Kami patut bersyukur, meskipun dihadapkan dengan berbagai keterbatasan sumber daya yang ada, Batalyon Infanteri-3 Marinir telah mampu melaksanakan tugasnya sesuai dengan tuntutan yang berkembang dan mampu menggelar kekuatan sesuai dengan keinginan pimpinan," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Brigif-1 Marinir atas nama pribadi dan seluruh prajurit Brigif-1 Mar menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Letkol Marinir Bakti Dasasasi Penanggungan, S.E yang telah melaksanakan tugas sebagai Komandan Batalyon Infanteri-3 Marinir, dengan harapan dapat melaksanakan tugas dengan baik sebagai Pasops Brigif-1 Marinir.

Sebelum mengakhiri amanatnya Komandan Brigif-1 Marinir memberikan beberapa penekanan untuk dipedomani yaitu melandasi dan membentengi seluruh prajurit dan seluruh keluarga besar Yonif-3 Mar dengan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Membuat inovasi dan kreatifitas yang cerdas untuk menciptakan model latihan yang menantang, sehingga mampu menciptakan naluri tempur prajurit yang siap untuk melaksanakan tugas," katanya.

Selain itu, kata dia, harus mampu mempertahankan kesiapan alustista yang dimiliki agar setiap saat siap digerakkan untuk mengemban tugas TNI, TNI AL khususnya Korps Marinir.

"Dan yang tidak kalah pentingnya yaitu meningkatkan kerjasama dan solidaritas antarsatuan TNI, Polri dan masyarakat dengan menanggalkan ego sektoral dan jiwa korsa yang berlebihan sehingga dapat menimbulkan dampak negatif pada satuan," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016