Surabaya (Antara Jatim) - Sejumlah pengusaha asal Indonesia mengaku misi dagang yang dirintis Pemerintah Provinsi Jawa Timur ke Polandia dan Hongaria membuka peluang bisnis antarkedua negara.

"Misi dagang ini sangat baik dan bisa membuka berbagai peluang bisnis antara Jatim dan Polandia serta Hongaria," ujar Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Surabaya Jamhadi ketika dikonfirmasi dari Surabaya, Selasa.

Staf ahli Kadin Jatim tersebut juga mengaku gembira karena pengusaha di negara-negara itu menyambutnya dengan antusias, terutama dari misi dagang Jatim.

Hal senada disampaikan bos Kapal Api Sudomo Mergonoto yang juga mengaku misi dagang ini bagus dan berpendapat sudah saatnya menyerbu ke luar.

"Misi dagang ini sangat penting dan harus ada tindak lanjutnya. KBRI bisa membuat daftarnya, kemudian para pengusaha di Indonesia menindak lanjuti," katanya.

Tak itu saja, pengusaha ikan laut asal Surabaya Sutjianto juga menyambut baik langkah Pemprov Jatim merintis misi dagang ke sejumlah negara di kawasan Eropa Timur tersebut.

"Saya sudah mulai ekspor ikan ke sini dan misi ini akan mampu mendongkrak sertamemperluas komoditas yang bisa diekspor ke negara tersebut," katanya.

Pemerintah Provinsi Jatim yang diwakili Wakil Gubernur Saifullah Yusuf beserta delegasi dan beberapa kepala SKPD selama sepekan melakukan kunjungan kerja di Polandia dan Hongaria.

Di Polandia dihasilkan kesepakatan bisnis dan ditandatangani rencana kerja antara Pemprov Jatim dan Pemprov Gdanks, bahkan delegasi pengusaha Polandia akan melakukan kunjungan balasan ke Jatim Maret 2017.

Sedangkan di Hongaria, sejumlah pengusaha juga sudah merencanakan kunjungan ke Surabaya menindaklanjuti misi dagang ini, termasuk ada seorang pengusaha properti kenamaan di Budapest yang ingin membangun hotel di Indonesia. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016