Sidoarjo (Antara Jatim) - Seminar Fotografi Jurnalistik bertema "Nasionalisme Pemuda dalam Bingkai Foto" menutup rangkaian kegiatan peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sidoarjo bekerja sama dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sidoarjo.

Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo, Sullamul Hadi Nurmawan di Sidoarjo, Jumat mengatakan kegiatan seminar itu merupakan wadah penyampaian aspirasi melalui fotografi, khususnya bagi pelajar dan mahasiswa di Sidoarjo.

"Dengan wadah aspirasi ini, maka kami akan tahu apakah penting seni fotografi bagi adik-adik pelajar dan masyarakat umum," katanya di sela kegiatan seminar fotografi di Gedung DPRD Kabupaten Sidoarjo.

Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo yang akrab disapa Gus Wawan ini mengatakan, pihaknya menyambut baik kegiatan yang berlangsung selama dua sejak Kamis (24/11) sampai dengan hari ini.

"Jika pada hari sebelumnya ada pameran foto karya mahasiswa dan pelajar, maka pada hari ini ditutup dengan pelaksanaan seminar fotografi dengan peserta para pelajar dan juga mahasiswa. Semoga apa yang sudah dilakukan ini bermanfaat bagi para peserta," katanya.

Sementara itu, Yuyung Abdi selaku nara sumber dalam seminar tersebut mengatakan belajar fotografi itu harus banyak mencoba dan sering memotret.

"Dunia fotografi bagi saya dulu sangatlah asing. Namun, ketika mencoba memotret dan terus memotret, maka ada hal beda yang didapatkan. Semakin banyak memotret, maka semakin banyak pengalaman yang saya dapatkan," kata redaktur foto di salah satu koran nasional ini.

Di akhir acara, juga diumumkan juara dari lomba-lomba yang digelar dalam rangkaian kegiatan ini. Untuk juara lomba Fotografi Jurnalistik, diraih oleh Lutfi Abdillah dari SMA Insan Cendikia Mandiri dengan hadiah trofi serta uang tunai sebesar Rp3 juta.

Juara 1 lomba swafoto, diraih oleh Dwiki Sayoga Putra, warga Sidoarjo yang kuliah di Surabaya, dengan hadiah trofi dan uang senilai Rp1,5 juta, dan juara 1 lomba Menulis Esai diraih oleh Selvi Sehiling dari SMKN 2 Buduran dengan hadiah trofi dan uang Rp3 juta. Sementara, total hadiah dalam rangkaian kegiatan tersebut adalah sebanyak Rp19.750.000.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016