Surabaya, (Antara Jatim) - Kodam V/Brawijaya menggelar doa bersama TNI, Polri dan Masyarakat Jawa Timur dalam rangka mendoakan keselamatan Bangsa dan Negara Indonesia di Lapangan Hitam Kodam V/Brawijaya Jl. Raden Wijaya, Surabaya, Selasa.

Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI I Made Sukadana mengatakan, kegiatan istigatsah dan doa bersama ini bertemakan "doa istigatsah bersama TNI, Polri dan masyarakat Jawa Timur untuk keselamatan bangsa dan negara".
 
 "Kegiatan doa bersama yang dilaksanakan ini, bertujuan untuk mendoakan para pahlawan kusuma bangsa. Selain itu memohon kehadirat Allah SWT dalam menjaga persatuan dan kesatuan NKRI," katanya.

Selain itu, kegiatan ini dilakukan supaya masyarakat di Indonesia baik TNI maupun Polri tidak menjadi orang yang sombong.

"Memang sudah sepatutnya hal ini kita lakukan supaya dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara berjalan secara harmonis antara TNI, Polri dan masyarakat, di samping sebagai upaya untuk tetap terpeliharanya persatuan dan kesatuan," katanya dalam siaran pers.

Seperti diketahui, kata dia, bahwa dalam menghadapi dan menyikapi tantangan yang sangat berat ini, diperlukan adanya persatuan dan kesatuan tanpa membedakan suku, agama, ras maupun antar golongan dan perbedaan lain.

"Dalam kehidupan bangsa Indonesia agama menjadi sumber motivasi dan pedoman hidup untuk memberikan bimbingan dalam kehidupan," katanya.

Di samping, kata dia, untuk menjadi pengendali utama dalam sikap dan tingkah laku serta membentuk kepribadian yang mencakup segala unsur-unsur pengalaman, pendidikan dan keyakinan yang dialami sejak kecil.

"Oleh karena itu kita harus menempatkan pembangunan kehidupan beragama sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya.

Hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya Ketua MUI Jatim, Pejabat Kodam V/Brw, Pejabat TNI AL, Pejabat TNI AU, Pejabat Polda Jatim dan Semua Tokoh agama dan elemen masyarakat lainnya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016