Sidoarjo, (Antara Jatim) - Prajurit Pasmar-1 Korps Marinir belajar senam Ling Tien Kung di gedung Edianto Balai Prajurit (Bapra) Brigif-1 Marinir Gedangan, Sidoarjo, Selasa, sebagai salah satu bentuk olahraga yang bermanfaat untuk kesehatan.
 
"Senam Senam Ling Tien Kung salah satu bentuk olahraga yang bermanfaat untuk kesehatan utamanya untuk terapi kesehatan. Semacam cas aki pada tubuh manusia, kuncinya adalah empet-empet anus," kata Brigjen TNI (Mar) Purn. I.G.P Sukarja selaku instruktur senam.
 
Ia mengemukakan, senam Ling Tien Kung, mulai diperkenalkan Master Fu Long Swee di Surabaya sekitar tahun 2008.

"Kemudian perlahan-lahan senam tersebut meluas dengan cepat ke seluruh Kota Surabaya dan disusul kota-kota lain di Jawa Timur," katanya.

Ia menjelaskan, untuk praktisi pemula memakai seragam kaos putih bawahan biru, tingkat menengah memakai kaos orange bawahan hitam, sedangkan tingkat lanjut memakai kaos biru tosca.
 
"Pada tingkat dasar justru sangat penting karena berguna untuk memulihkan kondisi tubuh yang rusak, yaitu dengan gerakan dasar yaitu empet-empet anus. Latihannya yaitu melakukan empet-empet di rumah sebanyak 1.500 kali setiap hari," katanya.

Dirinya juga merasa bahagia bila prajurit Korps Marinir menjadi sehat, sembuh dari penyakit, tanpa harus ke dokter. 

"Kalau bisa sehat dengan senam Ling Tien Kung, kenapa harus ke dokter segala," katanya dalam siaran pers.

Kegiatan ini dihadiri Asisten Personel Komandan Pasmar-1 Kolonel Marinir Muriadi tersebut diikuti Komandan Brigif-1 Marinir Kolonel Marinir Sugianto, S.Sos, Wadan Brigif-1 Marinir Letkol Mar Dede Harsana, Pasintel Letkol Mar M. Amin, S.Pd., M.A.P., Paspers Letkol Mar A. Yudinanto dan perwakilan prajurit dari batalyon di jajaran Pasmar-1.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016