Sumenep (Antara Jatim) - Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, berencana menyusun "detail engineering design" (DED) bagi Pantai Sembilan di Pulau Giligenting sebagai objek destinasi wisata.

"Kami bersama staf sudah melakukan pengecekan lapangan ke Pantai Sembilan sekaligus survei awal sebagai bagian dari rencana penyusunan "DED"," ujar Kepala Disbudparpora Sumenep, Sufiyanto di Sumenep, Senin.

Pantai Sembilan yang berada di Desa Bringsang, Pulau Giligenting, Kecamatan Giligenting, itu memiliki cekungan pasir putih alami menyerupai atau membentuk angka sembilan (9) jika difoto dari atas (udara).

Pantai Sembilan merupakan objek wisata baru di Sumenep yang terkenal ke publik pada akhir 2015-awal 2016 setelah foto hamparan pasir putih menyerupai angka sembilan hasil jepretan pegiat atau pelaku pariwisata diunggah di media sosial.

"Pantai Sembilan memang layak dikembangkan sebagai lokasi wisata. Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi perangkat desa dan warga setempat yang secara swadaya telah menyiapkan fasilitas penunjang bagi wisatawan," kata Sofi, sapaan Sufiyanto, menerangkan.

Ia menjelaskan, penyusunan "DED" atau gambar kerja rinci merupakan sebuah keniscayaan yang nantinya akan menjadi salah satu pedoman kerja dalam rangka pengembangan Pantai Sembilan sebagai lokasi wisata.

"Kami akan berusaha menjadikan penyusunan 'DED' Pantai Sembilan sebagai salah satu kegiatan atau program pada 2017. Makin cepat makin bagus, karena sejak beberapa waktu lalu Pantai Sembilan telah menjadi objek destinasi wisata baru yang ramai dikunjungi para pelancong," ujarnya.

Sofi juga mengemukakan, sesuai hasil pengecekan lapangan yang dilakukan bersama stafnya, perangkat desa dan warga setempat memiliki semangat dan kepedulian tinggi untuk menjadikan Pantai Sembilan sebagai lokasi wisata. 

Sejak beberapa waktu lalu, perangkat Desa Bringsang secara swadaya membangun gazebo beratap daun ilalang dan payung beserta tempat duduk untuk dimanfaatkan oleh wisatawan yang berkunjung ke Pantai sembilan. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016