Surabaya, (Antara Jatim) - Tiga lembaga pemeringkat internasional, yakni  Moody's, Standard & Poor (S&P), dan Fitch menilai keuangan di perusahaan BUMN Pelindo III (Persero) stabil dengan memberikan peringkat Baa3, BB+, BBB-.

Direktur Keuangan Pelindo III U Saefudin Noer di Surabaya, Jumat mengatakan Moody's merupakan lembaga pemeringkat yang kali pertama memberikan peringkat Baa3 bagi Pelindo III, dengan penilaian outlook stabil bagi Pelindo III.

Sedangkan S& P resmi memberikan peringkat BB+ untuk bidang kredit korporasi jangka panjang, dan peringkat axBBB untuk peringkat jangka panjang skala regional ASEAN, dengan penilaian outlook perusahaan kategori stabil. 

Sementara Fitch memberikan peringkat jangka panjang bagi penerbitan utang valuta asing dan penerbitan utang pada level BBB- dengan penilaian outlook stabil.

Saefudin mengatakan, peringkat yang diberikan tiga lembaga internasional tersebut salah satunya dipengaruhi meningkatnya arus peti kemas di wilayah kerja Pelindo III, dan tercatat sebanyak 4,36 juta TEUs pada 2015.

"Peningkatan arus peti kemas salah satunya dipengaruhi oleh penambahan kapasitas, khususnya di Terminal Teluk Lamong yang menjadi andalan kami dalam mendulang pendapatan perseroan," katanya.

Saefudin mengatakan fasilitas yang tersedia di Terminal Teluk Lamong kini telah memungkinkan untuk sandar kapal dengan muatan petikemas 3.000 TEUs. 

"Pelindo III saat ini menjadi operator pelabuhan kontainer terbesar kedua di Indonesia, dan menguasai 33 persen dari seluruh market share peti kemas," katanya.(*)
 

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016