Surabaya (Antara Jatim) - Teknik Industri Universitas Kristen Petra Surabaya mengajak siswa-siswa SMA se-Indonesia mengenal Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) lewat kompetisi iSEAN yang diadakan di Gedung P kampus UK Petra dan Grand City Mall, Surabaya, 3-5 November 2016 .

Kepala Program Studi Teknik Industri UK Petra Surabaya Dra Indriati Njoto Bisono M.Sc PhD di kampus setempat, Kamis, mengatakan iSEAN adalah tema Industrial Competition 2016 Industrial Competition 2016. Dirinya mengatakan iSEAN merupakan gabungan dari kata "Industri" dan "ASEAN" yang berarti Industri dan ASEAN.    

"Tema ini sengaja diangkat untuk mengajak siswa-siswi SMA mengenal Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) serta dunia industri. Persiapkan diri menghadapi MEA dan buktikan bahwa generasi muda dapat memajukan industri di Indonesia," katanya.
   
Sementara itu, Ketua Panitia Industrial Competition 2016, Laurensius Christian menjelaskan, Industrial Competition ini akan dibagi menjadi tiga babak yaitu babak rally games, simulasi industri dan presentasi kelompok.

Dirinya memaparkan, untuk menentukan pemenang dalam kompetisi yang terdiri dari tiga orang tiap timnya tersebut, panitia IC 2016 menggunakan sistem akumulasi perolehan poin yang diterima tiap babaknya.

“Ada yang berbeda dalam gelaran lomba tahunan kali ini, dalam babak simulasi industri menggunakan bahan baku kapas dan kain flanel untuk kemudian memproduksi boneka. Sedangkan babak presentasi kelompok akan ada sesi tanya jawab dari masing-masing peserta sehingga kompetisinya akan lebih menarik”, ucapnya.

Dalam babak pertama ini, lanjut Laurensius akan tersedia sebanyak 22 pos games yang tersebar di seluruh gedung P kampus U.K. Petra dan sebuah pos games pilihan yaitu Giant Map. Rally games ini akan dilaksanakan di tujuh lantai yang ada di gedung P kampus U.K. Petra, sehingga nantinya 54 games bisa dimainkan secara bersamaan.

"Setiap pos, memiliki jenisnya masing-masing yaitu Sea dan Forest untuk menggambarkan Sumber Daya Alam, Bank dan Mine yang menggambarkan uang sedangkan College dan University melambangkan pekerja," urainya.

Dia menambahkan, beberapa pos itu diantaranya Where’s My Water, Connected Mind dan masih banyak lagi lainnya. Uniknya, panitia juga menyediakan pos tambahan berupa Giant Map yang berisi gambar Negara Indonesia, Filipina, Singapore, Thailand dan Malaysia.

“Dalam games pilihan ini, para peserta bisa mendapatkan tambahan point. Konsep rally games ini fun dan logic. Total ada 123 tim yang berlaga dalam babak ini untuk kemudian disaring menjadi 20 tim saja untuk maju dalam babak kedua ”, ujarnya.

Selain di Kampus UK Petra, babak simulasi industri juga diadakan di Grand City Mall lantai LG mulai pukul 11.30-17.00 WIB, Jumat (4/11).

Dalam lomba ini, tim yang berlaga harus memaksimalkan keuntungan berdasarkan harga jual, biaya produksi, harga bahan baku dan perubahan kondisi yang terjadi di pasar. lima tim dengan jumlah keuntungan tertinggi yang akan masuk dalam babak ketiga yaitu presentasi kelompok. Hari terakhir Sabtu (5/11), akan terkumpul lima kelompok dengan nilai tertinggi.

"Pada kesempatan ini, kompetisi berbentuk kunjungan perusahaan. Para peserta diminta memetakan permasalahan yang ada untuk kemudian memberikan inovasi bagi perusahaan tersebut," tandasnya.

Setelah kunjungan tersebut, lanjutnya, di hadapan tiga juri dan para peserta lainnya satu persatu tim diminta untuk mempresentasikan idenya mulai pukul 15.30-19.00 WIB di Grand City Mall, Surabaya lantai LG.(*)

Pewarta: willy irawan

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016