Surabaya (Antara Jatim) - SMP Muhammadiyah 2 Genteng, Surabaya memberikan  bingkisan "Sumpah Pemuda" kepada anak berkebutuhan khusus di Pondok Sosial Kalijudan Surabaya. 

Kepala SMP Muhammadiyah 2 Genteng Surabaya Ida Indahwati Waliulu di Surabaya, Jumat mengatakan yang dimaksud bingkisan tersebut adalah rangkaian acara amal yang dilakukan para siswa dalam rangka peringkatan Hari Sumpah Pemuda.

"Acara amal ini termasuk program pengkarakteran siswa-siswi untuk membangkitkan jiwa sosial dan kepedulian, dan tujuan acara ini bisa membangkitkan semangat untuk anak-anak kebutuhan khusus agar lebih bahagia dan memiliki cita-cita sesuai bakat yang mereka kembangkan," kata Ida.

Ia mengatakan, dalam acara amal itu sejumlah siswa SMP Muhammadiyah 2 Surabaya melakukan unjuk bakat olahraga seperti hockey, basket, tapak suci, panahan, seni tari serta musik di depan anak berkebutuhan khusus.

"Siswa-siswi kami minta melakukan unjuk bakat dengan cara sederhana, dan anak berkebutuhan khusus itu sebanyak 42 anak yang terdiri dari tuna wicara, epilepsi, down syndrome dan autis," katanya. 

Selain itu, ada juga siswa tapak suci SMP Muhammadiyah 2 yang mengajarkan tentang "self defending" kepada anak berkebutuhan khusus. 

Sementara itu salah satu siswa Viniq Raniwa mengaku kegiatan amal ini sudah kesekian kali dilakukan, meski sulit karena harus mengkoordinasikan ke temen-temen namun pihaknya bahagia karena bisa berbagai dengan sesama.

Dalam kesempatan itu, SMP Muhammadiyah 2 juga membagikan sebanyak 65 bingkisan yang berisi makanan ringan, susu cair serta pakaian.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016