Sidoarjo, (Antara Jatim) - Siswa Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 2 (Smamda) Sidoarjo, Jawa Timur berhasil menjuarai lomba paduan suara lth Lanna Internasional Choir Competition yang dilaksanakan tanggal 19-23 Oktober di Chiang Mai, Thailand.

Kepala Sekolah Smamda Sidoarjo Wigatiningsih di Sidoarjo, Rabu, mengatakan, prestasi yang ditorehkan anak didiknya ini cukup membanggakan karena berhasil mengalahkan 60 regu dari berbagainegara.

"Ini membuktikan jika siswa Indonesia mampu bersaing dengan dunia internasional khususnya dalam bidang paduan suara," katanya saat temu media di Sidoarjo.

Ia mengemukakan, pada kegiatan ini siswanya mengikuti dua kategori yaitu folklore dengan conductor Juliarto Joedi Wahjono dan Mixed Youth dengan conductor Wasis Setiawan.

"Para siswa ini membuktikan siapa yang memiliki kemampuan disitu akan ada keberhasilan, karena menurut saya siapa yang berusaha dan berjuang hasilnya akan berbanding lurus untuk mendapatkan keberhasilan," katanya.

Sementara itu, Ketua Paduan Suara Dewi Fardilasani mengatakan dibutuhkan waktu kesiapan selama 9 bulan untuk seluruh kesiapan kegiatan ini.

"Pantangannya yaitu kami tidak boleh makan gorengan dan juga minum es. Selain itu, teman-teman juga tidak boleh bermain di media sosial supaya lebih terfokus mengerjakan tugas," katanya.

Ia mengatakan, ada tujuh lagu yang ditampilkan dalam kegiatan ini di antaranya adalah lagu daerah berjudul Ugo-ugo dari Banyuwangi, Ahtol Porosh dari dayak, dan juga Luk-Luk Umbu dari Banyuwangi.

"Berbagai negara yang ikut dalam kegiatan ini berasal dari 13 negara di antaranya adalah Indonesia, Kroasia, German, China, Philipina, Singapura, Thailand dan juga dari Vietnam," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016