Sumenep (Antara Jatim) - Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Rabu sore, meninjau aktivitas pembuatan kapal dari bahan fiber di PT Madura Bangun Raya di Kecamatan Kota yang mendapat kepercayaan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Ini bentuk apresiasi kami di pemerintah daerah terhadap perusahaan di Sumenep yang mendapat kepercayaan untuk mengerjakan salah satu program nasional," ujarnya di Sumenep, Jawa Timur.

PT Bangun Madura Raya adalah salah satu perusahaan di Sumenep yang pada tahun ini menjadi salah satu rekanan pengadaan kapal fiber dari KKP.

Kepercayaan tersebut merupakan salah satu indikator perusahaan di Sumenep mampu bersaing dengan perusahaan dari daerah lainnya untuk mengerjakan proyek nasional.

"Ini patut disyukuri. Kami di pemerintah daerah tentunya akan mendukung dan mendorong perusahaan di Sumenep mampu menjadi perusahaan berskala nasional hingga internasional," kata Fauzi, menerangkan.

Keberadaan perusahaan di Sumenep yang mendapat kepercayaan mengerjakan program nasional berbasis kemaritiman bisa memacu pemerintah daerah membuat program serupa.

"Sumenep memiliki banyak pulau dan sebagian warganya di pulau bekerja sebagai nelayan. Kalau ada perusahaan di Sumenep yang bisa membuat kapal fiber, kami di pemerintah daerah bisa saja memprogramkan bantuan kapal fiber bagi nelayan," ujarnya.

Sementara Direktur PT Madura Bangun Raya, Abd Aziz Salim Sabibie menjelaskan, pihaknya menjadi rekanan pelaksana pengadaan 15 kapal fiber yang merupakan program KKP RI.

"Pada tahun ini, KKP RI mengalokasikan program pengadaan 3.000 kapal fiber yang akan dibagikan kepada nelayan. Kami dipercaya menggarap 15 kapal fiber," katanya.

Ia menjelaskan, pihaknya menargetkan pembuatan 15 kapal fiber itu selesai pada Desember 2016 sebagaimana kontrak kerja dengan pihak terkait di KKP RI. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016