Sumenep (Antara Jatim) - Kepolisian Resor (Polres) Sumenep, Jawa Timur, Selasa, menyerahkan mobil pikap temuan di kawasan Pelabuhan Gersik Putih Kecamatan Kalianget kepada pemiliknya, Purnomo, warga Kota Surabaya.

"Ketika ditemukan oleh anggota Polsek Kalianget, mobil tersebut tanpa pengemudi. Setelah melalui serangkaian penyelidikan, ternyata mobil tersebut hasil tindak pidana pencurian dan pemiliknya warga Surabaya," ujar Kapolres Sumenep AKBP Joseph Ananta Pinora di Sumenep.

Sesuai data di Polres Sumenep, keberadaan mobil pikap tanpa pengemudi yang parkir di kawasan Pelabuhan Gersik Putih itu diketahui anggota Polsek Kalianget setelah menerima informasi dari warga setempat pada 2 Agustus 2016.

Anggota Polsek Kalianget yang datang ke lokasi langsung menyita mobil pikap tersebut dan di dalamnya ditemukan surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNK).

Namun, sesuai hasil cek fisik di Kantor Samsat Sumenep pada 9 Agustus 2016, nomor mesin dan nomor rangka mobil tersebut tidak bisa diidentifikasi dan diduga dirusak dengan gerinda.

Penyidik Polres Sumenep selanjutnya melakukan pemeriksaan ke Laboratorium Forensik (Labfor) Polri Cabang Surabaya pada 30 Agustus 2016.

Hasilnya, data di STNK diduga palsu dan nomor rangka asli di mobil pikap itu tidak sesuai dengan nomor rangka yang tercatat di STNK.

Pemeriksaan secara laboratoris di Labfor Polri Cabang Surabaya masih bisa mendeteksi atau mengetahui nomor rangka asli mobil pikap tersebut. 

"Sementara untuk nomor mesin asli mengalami kerusakan permanen dan tidak terdeteksi," kata Pinora, menerangkan.

Ia menjelaskan, pihaknya langsung berkoordinasi dengan RTMC Polda Jawa Timur dan diketahui mobil pikap tersebut milik warga Kota Surabaya yang dilaporkan hilang (dicuri) pada 22 Juni 2016 ke Polsek Tenggilis Mejoyo.

"Kami pun berkoordinasi dengan Polrestabes Surabaya untuk mengetahui pemilik mobil pikap tersebut dan selanjutnya dilakukan penyerahan kepada pemilik pada Selasa ini," ujarnya.

Pinora juga mengemukakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui orang yang membawa mobil pikap itu ke kawasan Pelabuhan Gersik Putih.

"Sekali lagi, ketika ditemukan dan selanjutnya disita oleh anggota Polsek Kalianget, mobil pikap itu dalam posisi parkir tanpa pengemudi. Ada dugaan, mobil pikap tersebut akan dibawa ke salah satu pulau di Sumenep," katanya. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016