Probolinggo (Antara Jatim) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur terus melakukan upaya untuk mempercantik kawasan objek wisata Ranu (danau) Segaran di Kecamatan Tiris.

"Kami terus berupaya menambah daya tarik di semua destinasi wisata di Kabupaten Probolinggo mulai dari sarana dan prasarana hingga fasilitas wisata di kawasan setempat, termasuk di Ranu Segaran," kata Kepala Disbudpar Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto di Probolinggo, Senin.

Menurut dia, pihaknya mempercantik Ranu Segaran dengan salah satunya menambah sarana wisata berupa enam sepeda air yang berasal dari bantuan "Corporate Sosial Responsilibity" (CSR) sejumlah perbankan di Probolinggo.

"Penambahan ini dilakukan untuk mempercantik wahana dan daya tarik wisata di Ranu Segaran, sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Kini total sudah ada 10 unit sepeda air di Ranu Segaran," tuturnya.

Anung mengatakan masyarakat bisa langsung memanfaatkan fasilitas dan sarana tersebut dengan membayar tarif sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Probolinggo Nomor 21 Tahun 2014 tentang Penyesuaian Tarif Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah, Tempat Penginapan/Pesanggrahan/Villa, Rumah Potong Hewan, Tempat Rekreasi dan Olahraga di Kabupaten Probolinggo.

"Dalam Perbup itu disebutkan, tiket masuk Ranu Segaran sebesar Rp2.000 dan masyarakat juga bisa memanfaatkan sarana dan fasilitas sepeda air tanpa mesin dengan tarif Rp4.000 selama 15 menit, sedangkan perahu mesin Rp5.000 selama 15 menit," ujarnya.

Ia berharap bantuan CSR perusahaan yang peduli wisata bisa ditingkatkan untuk daya tarik wisata di sejumlah objek wisata Kabupaten Probolinggo karena kenyataannya pengembangan pariwisata tidak bisa lepas dari bantuan dari instansi terkait dan bantuan CSR perusahaan.

"Dengan adanya penambahan sarana sepeda air di Ranu Segaran, maka pengunjung tidak hanya menikmati wisata alam saja tetapi juga bisa mengendarai sepeda air, sehingga dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung dan berdampak pada peningkatan pendapatan asli daerah (PAD)," tuturnya.

Ia berharap penambahan wahana wisata berupa sepeda air tersebut akan semakin menggairahkan pengunjung menuju Ranu Segaran dan di sana juga sudah dilengkapi sarana jogging track, taman buah-buahan, dan aneka souvenir sebagai oleh-oleh pengunjung.

Sementara salah seorang wisatawan asal Surabaya Arif Maulana mengatakan semakin banyak wahana wisata di Ranu Segaran yang ditawarkan, maka pengunjung akan betah untuk berlama-lama menikmati kawasan danau ekstotis tersebut.

"Di sekitar Ranu Segaran juga ada pemandian air panas yang dipercaya dapat menyembuhkan semua jenis penyakit kulit dan suasananya yang tenang cocok untuk refreshing sambil menikmati pemandangan," katanya.

Ranu Segaran adalah salah satu danau yang terbentuk akibat akititas vulkanik, yang dulunya merupakan bekas kawah yang sudah tidak aktif lagi dan tergenang air hingga akhirnya menjadi danau.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016