Madiun (Antara Jatim) - Harga cabai di sejumlah pasar tradisional Kota Madiun, Jawa Timur, melonjak  Rp11 ribu hingga Rp18 ribu per kilogram karena pasokan terbatas akibat curah hujan tinggi yang menyebabkan sebagian petani gagal panen.

"Pasokan cabai dari petani minim sehingga stok yang dimiliki pedagang di pasar tradisonal juga sedikit. Akibatnya harga cabai melonjak," ujar Lestari, pedagang cabai di Pasar Besar Kota Madiun, Senin.

Harga cabai keriting dan cabai merah naik dari kisaran Rp32.000 hingga Rp38.000 per kilogram pada pekan lalu menjadi Rp49.000 per kilogram, sedangkan harga cabai rawit naik dari Rp20.000 menjadi Rp36.000 per kilogram.

Menurut dia, kenaikan sudah mulai terlihat sejak sepekan terakhir. Namun, melonjaknya terjadi sekitar tiga hari yang lalu.

Curah hujan yang cukup tinggi di Madiun dan sejumlah sentra penghasil cabai lainnya, menyebabkan para petani cabai gagal panen, sehingga pasokan cabai di pasar tradisional juga terbatas.

Sejumlah pedagang cabai di pasar tradisional, terpaksa harus menambah modal belanja untuk membeli berbagai jenis cabai yang harganya terus naik.

Mereka memprediksi harga cabai akan terus naik karena curah hujan yang cukup tinggi seiring memasuki musim hujan di wilayah Jawa Timur. 

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Pariwisata (Disperindagkoppar) Kota Madiun, Sudandi mengatakan, kenaikan harga cabai di sejumlah pasar tradisional seperti Pasar Besar, Pasar Sleko, dan Pasar Sri Jaya murni karena pasokan cabai berkurang akibat musim hujan.

"Padahal, permintaan pasar cenderug tetap. Sehingga stok di pasaran tidak mampu memenuhi kebutuhan pasar sehingga harga melonjak," tuturnya.

Tidak hanya cabai, harga bawang merah meski sempat turun drastis dari pekan lalu, namun kini mulai naik akibat pasokan dari sejumlah daerah sentra bawang merah seperti Kabupaten Nganjuk yang juga berkurang.

Harga bawang merah terpantau naik dari Rp32.000 menjadi Rp33.000 per kilogram, sedangkan harga bawang putih terpantau stabil dikisaran Rp32.000 hingga Rp33.000 per kilogram.

Harga sayuran juga cenderung naik selama musim hujan seperti kentang dari Rp13.000 menjadi Rp17.000 per kilogram, dan tomat dari Rp5.000 menjadi Rp6.000 per kilogram.

Sementara, wortel stabil di harga Rp9.000 per kilogram, sedangkan kubis cenderung turun dari Rp9.000 menjadi Rp7.000 per kilogram.(*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016