Sidoarjo, (Antara Jatim) - Puluhan Keluarga yang ada di Bungurasih, Sidoarjo memilih untuk mengungsi di Gedung Serbaguna Bungurasih, menyusul adanya banjir yang terjadi di wilayah setempat selama beberapa hari terakhir dengan ketinggian sekitar 50 centimeter.

Salah satu pengungsi Fery Ika Sudarsono mengatakan warga sengaja mengungsi di lokasi ini karena tempat tinggal yang ditempatinya terendam banjir selama beberapa hari terakhir.

"Kami terpaksa mengungsi di gedung serbaguna ini karena rumah kami sudah tidak bisa ditempati akibat terendam banjir," katanya saat dikonfirmasi di Gedung Serbaguna Bungurasih, Sidoarjo, Kamis.

Ia mengemukakan, sudah hampir empat hari yakni sejak awal pekan laku sampai dengan hari ini dirinya tinggal di tempat pengungsian ini bersama dengan pilihan keluarga lainnya.

"Terdapat sekitar 30 sampai dengan 40 keluarga yan mengungsi di tempat ini, karena rata-rata rumah warga terendam banjir dengan ketinggian 40 centimeter sampai dengan 60 centimeter," ucapnya.

Ia mengatakan, saat ini memang sebagian rumah warga ada yang sudah kering dari banjir, tetapi sumur warga belum bisa digunakan untuk aktivitas mandi cuci kakus dan warga kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

"Hal ini membuat warga mau tidak mau harus kembali lagi ke gedung serbaguna karena di tempat ini sudah menggunakan air PDAM," ujarnya.

Didik Yulianto sah seorang warga lainnya mengatakan, sudah menjadi langganan setiap kali musim hujan selalu terjadi banjir dengan ketinggian lebih dari 30 centimeter.

"Kami meminta kepada pemerintah untuk mencarikan solusi jangka panjang terkait dengan permasalahan banjir ini supaya warga tidak was-was setiap kali turun hujan," tegasnya.

Menurutnya, untuk jangka pendek warga meminta supaya diberikan bantuan kesehatan karena bantuan kesehatan yang diberikan masih terbatas dan obat-obatan yang diberikan juga kurang.

"Saat ini sebagian warga juga sudah mengalami penyakit gatal-gatal akibat terlalu lama terendam banjir," katanya.

Di Sidoarjo banjir terjadi sejak awal pekan ini, terutama yang berada di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Sungai Buntung dengan ketinggian yang bervariasi mulai dari 30 centimeter sampai dengan satu meter.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016