Surabaya (Antara Jatim) - Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyampaikan ada empat hal yang menjadi faktor penting menciptakan pemerintahan yang baik, yakni penerapan reregulasi, kepemimpinan, teknologi informasi dan kontrol masyarakat.

"Empat hal itu menjadi kunci sukses membentuk pemerintahan yang baik sehingga wajib hukumnya untuk dikembangkan," ujarnya di sela menjadi pembicara utama sarasehan bertajuk 'Mata Rakyat Mitra Birokrat' memperingati HUT ke-48 Harian Bhirawa di Surabaya, Kamis.

Pakde Karwo, sapaan akrabnya, menerangkan bahwa regulasi memegang peranan sangat penting dan menjadi pertama yang harus dibenahi, namun bukan dengan deregulasi, tetapi menggunakan reregulasi.

"Yang terpenting regulasi mendorong lebih cepat daerah tersebut. Sebagai contoh, Jatim merupakan produsen beras dan berlimpah hasil produksi berasnya. Sebagai wujud reregulasinya, telah dibuat Perda atau Pergub untuk larangan beras impor masuk ke Jatim," ucapnya.
 
Setelah regulasi dibenahi, elemen kedua adalah memperkuat kepemimpinan dan sumber daya manusia (SDM) karena sangat menentukan sebuah keberhasilan.

"Sekitar 50 persen inovasi dan kesejahteraan ditentukan oleh pemimpin," ucap mantan Sekdaprov Jatim tersebut.

Berikutnya adalah peningkatan teknologi informasi serta adanya kontrol dari masyarakat karena berhubungan dan melibatkannya secara langsung untuk mengontrol dan mengritik pemerintah.

"Nah, salah satunya peran media massa juga harus ikut mengontrol pemerintah untuk memberikan masukan demi kemajuan suatu daerah," kata orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Sementara itu, turut sebagai pembicara sarasehan yang dipimpin pakar komunikasi politik Suko Widodo, yakni Guru Besar Universitas Airlangga Surabaya Prof. Dr. Hotman Siahaan, Bupati Bojonegoro Suyoto, Bupati Trenggalek Emil Dardak, serta Ketua PWI Jatim Akhmad Munir.

Pada kesempatan sama, juga dilakukan tasyakuran peringatan HUT ke-38 Harian Bhirawa berupa pemotongan tumpeng. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016