Probolinggo (Antara Jatim) - Sebanyak 54 anak bawah lima tahun (balita) yang terjangkit virus HIV/AIDS atau orang dengan HIV-AIDS (ODHA) yang didampingi orang tuanya mendapat bantuan pemberian makanan tambahan (PMT).

"Kami sudah memberikan bantuan PMT bagi balita ODHA di Rumah Sakit Umum Daerah Waluyo Jati Kraksaan," kata Ketua Umum Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kabupaten Probolinggo Nunung Timbul Prihanjoko di Prbolinggo, Jumat.

Balita odha bersama orang tuanya datang ke RSUD Waluyo Jati Kraksaan didampingi oleh bidan desa dan petugas dari pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) masing-masing.

Menurutnya bantuan PMT tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian yang diberikan kepada para balita ODHA, sehingga para orang tua wajib bersyukur karena tidak semua bisa menerima bantuan PMT itu.

"Tolong bantuan ini diberikan kepada anaknya dan jangan dijual kepada orang lain karena bantuan itu diberikan demi kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh balita yang terjangkit HIV/AIDS. Semoga bantuan ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama balita ODHA." katanya.

Istri Wakil Bupati Probolinggo itu menjelaskan pemberian bantuan PMT bagi balita ODHA adalah program rutin yang dilaksanakan oleh K3S Kabupaten Probolinggo.

"Mohon jangan dilihat jumlah bantuannya, tetapi lihatlah bentuk perhatian dan kepedulian yang diberikan oleh K3S demi menjaga kesehatan balita ODHA," tuturnya.

Sementara Kepala Bidang Kesehatan K3S Kabupaten Probolinggo Indah Sri Wahyuni meminta agar bantuan PMT tersebut bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memenuhi nutrisi dan gizi balita agar tetap sehat. 

"Inilah bentuk perhatian dan kepedulian yang bisa diberikan oleh K3S Kabupaten Probolinggo kepada balita ODHA, dengan harapan bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya," ujarnya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016