Sumenep (Antara Jatim) - Harga cabai merah besar biasa di Pasar Anom Baru di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Kamis, mengalami penaikan signifikan dari Rp15 ribu per kilogram menjadi Rp27 ribu.

"Penaikan harganya memang signifikan, yakni Rp12 ribu per kilogram. Sementara harga cabai merah kecil biasa stabil, yakni Rp15 ribu per kilogram," ujar Kabid Perdagangan Dinas Perindutrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, R Heni Yulianto di Sumenep.

Sesuai hasil pemantauan harga yang dilakukan staf Disperindag Sumenep, terdapat tiga komoditas yang harganya berfluktuasi.

Selain cabai merah besar biasa, harga daging ayam kampung dan tomat juga mengalami perubahan dibanding hasil pemantauan pada Senin (26/9).

Harga daging ayam kampung yang sebelumnya Rp75 ribu per kilogram turun menjadi Rp70 ribu dan tomat dari Rp6 ribu menjadi Rp5 ribu.

Sementara harga komoditas lainnya tidak mengalami perubahan, yakni beras tetap kisaran Rp8.200 hingga Rp9.400 per kilogram.

Harga gula pasir tetap Rp14 ribu per kilogram, minyak goreng curah Rp12 ribu, dan mentega curah Rp21 ribu per kilogram.

Begitu juga harga bawang merah maupun bawang putih, masing-masing tetap Rp30 ribu per kilogram, kentang Rp15 ribu, dan wortel Rp6 ribu per kilogram.

Staf Disperindag Sumenep memantau harga komoditas setiap hari di dua pasar di Kecamatan Kota, yakni di Pasar Anom Baru sebagai lokasi utama dan Pasar Bangkal Baru sebagai lokasi pembanding. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016