Indramayu, (Antara) - Atlet kontingen Jawa Timur atas nama Muhammad Hamgari meraih emas pada cabang olahraga renang perairan terbuka nomor 3.000 meter putra Pekan Olahrga Nasional (PON) XIX  di Pantai Tirtamaya Kabupaten Indramayu, Selasa.

Atlet Jatim Hamgari berhasil mencatatkan waktu tercepat untuk meraih medali emas yaitu 39 menit 20,1 detik. Untuk urutan ke-dua dan berhak atas medali perak, Gavin Akbar Dharmawan dengan torehan waktu 39 menit 24,4 detik.

Sedangkan untuk medali perunggu di nomor ketiga ialah perenang asal Sulawesi Selatan, Muhammad Alamzah dengan catatan waktu 40 menit 11,7 detik. Sementara itu perenang tuan rumah Jawa Barat Satrio Bagaskara menyentuh garis finis di urutan keempat dengan raihan waktu 40 menit 20,4 detik.

Sama dengan nomor lainnya, adu cepat kembali terjadi antara Hamgari dengan Akbar Dharmawan. Di mana lintasan terakhir pada jarak 1000 meter, ke-dua perenang saling mengejar untuk lebih dulu mencapai garis finish.

Pada 100 meter terakhir, pertarungan dramatik berlangsung, Akbar Dharmawan terus memacu seluruh kemampuannya untuk mengejar Hamgari.

Namun, Hamgari yang sejak awal sudah berada di posisi pertama, tidak mau tertinggal pesaing terberatnya.

"Ini pertarungan mental, secara teknik kami imbang dan yang menentukan adalah mental," kata Hamgari usai naik ke dermaga setelah memastikan berhak atas medali emas.(*)

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016