Magetan (Antara Jatim) - Seorang jamaah haji asal Kabupaten Magetan, Jawa Timur, terpaksa tertunda pulang dari rombongannya karena mengalami sakit dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Haji di Surabaya.

Panitia pemulangan haji Magetan Nur Salim di Magetan, Kamis mengatakan satu jamaah haji yang tertunda pulang tersebut atas nama Yasin warga Kecamatan Poncol, Magetan.

"Yang bersangkutan kondisinya drop saat turun dari pesawat setelah perjalanan lama rute Jeddah menuju Surabaya. Kini beliau masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Haji Surabaya," ujar Nur Salim.

Ia menjelaskan, rombongan jamaah haji Magetan datang pada Kamis pagi dan penjemputan dipusatkan di gelanggang olahraga GOR Ki Mageti setempat.

Kedatangan jamaah tersebut sempat molor dari jadwal awal karena pesawat dari Jeddah mengalami penundaan. Sehingga, hal tersebut berpengaruh pada waktu pemulangan jamaah ke Magetan.

Data dari Kantor Kementerian Agama Magetan menyebutkan, jumlah jamaah haji yang dijadwalkan pulang mencapai 306 orang. 

"Namun, karena seorang di antaranya sakit, maka yang ikut rombongan untuk pulang hanya sebanyak 305 orang," kata Nur Salim.

Kedatangan ratusan jamaah haji tersebut disambut tangis haru para anggota keluarganya yang merasa rindu setelah satu bulan lebih lamanya tidak bertemu karena melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci.

Mereka bersyukur karena anggota keluargaya yang sedang menunaikan ibadah haji telah kembali dengan sehat dan selamat.

Sementara, pascakedatangan jamaah haji di GOR Ki Mageti, tidak ada acara penyambutan khusus dari kepala daerah setempat. Para jamaah langsung pulang bersama keluarganya masing-masing. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016