Surabaya (Antara Jatim) - Tim seleksi memastikan sebanyak 24 calon komisioner Komisi Penyiaran Informasi Daerah (KPID) Jawa Timur berhak mengikuti tahapan debat publik usai dinyatakan lolos tes psikologi.

"Sebanyak 40 orang mengikuti tes psikologi dan 24 orang di antaranya terpilih lolos ke tahapan berikutnya," ujar ketua tim seleksi KPID Jatim Suko Widodo kepada wartawan di Surabaya, Kamis.

Para calon komisioner yang dinyatakan lolos mengikuti debat publik pada 20-21 September 2016 dan diwajibkan mempresentasikan visinya di hadapan tim penguji yang terdiri dari akademisi, profesional serta tokoh masyarakat.

"Forum nantinya bersifat terbuka, dan peserta akan diberi sejumlah pertanyaan dari dewan penguji maupun audiens," ucap dosen Fakultas Ilmu Sosial Politik Universitas Airlangga tersebut.

Ke-24 peserta yang berhak ikut debat publik adalah Afif Amrullah, Agus Edi Winarto, Agus Sugiharto, Amalia Rosadi Putri, Awang Dharmawan, Bashul Hazami, Budiono, Darul Haer, Eko Rinda Prasetiyadi, Fadil, Gandi Wicaksono, dan Hasan Ali.

Kemudian, Imadoeddin, Immanuel Yosua T, Iswanto, M Aliyulloh Hadi, Malik Setyawan, Nur Elya Anggraini, Putri Aisyiyah RD, Suprihatin, Vinda Maya S, Witanto, Yasin Al Raviri, serta Zulfery Yusal Koto.

Dari 24 calon komisioner, tim seleksi akan memilih 21 orang yang nantinya diikutkan dalam uji kepatutan dan kelayakan oleh Komisi A DPRD Jatim.

"Tahapan tersebut adalah yang terakhir, selanjutnya tim sel akan mengumumkan nama-nama yang lolos," kata akademisi yang juga Ketua Pusat Informasi dan Humas Unair itu.

Pada hasil akhir yang dijadwalkan akan diumumkan akhir September, kata dia, tim seleksi memilih tujuh komisioner dan tujuh cadangan, sedangkan tujuh lainnya tersingkir. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016