Jember (Antara Jatim) - Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember Agung Purwanto mengatakan pihak Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI) mengajak Universitas Jember untuk mengembangkan penelitian mengenai gula.

"Tawaran itu disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Penelitian P3GI Lilik Kusmiartono saat bertemu dengan Rektor Universitas Jember Moh. Hasan yang didampingi Ketua Lembaga Penelitian Achmad Subagio, dan Ketua CDAST Bambang Sugiharto di Gedung CDAST pada Rabu (14/9)," kata Agung di Kampus Universitas Jember, Kamis.

Menurutnya, tawaran tersebut diajukan oleh P3GI karena Kampus Tegalboto Universitas Jember telah melaksanakan berbagai penelitian terkait gula dan tebu.

Sementara Kepala Bidang Penelitian P3GI Lilik Kusmiartono mengatakan pihaknya sebagai lembaga yang memiliki tugas mengatasi permasalahan gula di Indonesia sadar tidak bisa berjalan sendiri karena persoalan gula Indonesia sangat kompleks, sehingga penanganannya memerlukan sinergi semua pihak, termasuk Universitas Jember.

"Universitas Jember memiliki keunggulan yang diharapkan bisa mendukung tugas-tugas P3GI, sehingga kami ingin ada kerja sama antara P3GI dengan Universitas Jember dengan harapan dapat bersinergi dengan keunggulan masing-masing, sehingga mampu berkontribusi menyelesaikan permasalahan gula nasional," tuturnya.

Kepala Bidang Usaha dan Pelayanan P3GI Dian Tribuntari menjelaskan salah satu masalah yang dihadapi oleh P3GI adalah kesulitan merekrut peneliti-peneliti muda karena keterbatasan dana yang didapat dari APBN.

"Berbeda dengan Universitas Jember yang memiliki banyak peneliti, baik yang bersumber dari dosen maupun mahasiswa. Keterbatasan dana juga lah yang membuat P3GI tidak lagi leluasa melepaskan varietas tebu baru," ujarnya menambahkan.

Tawaran P3GI mendapatkan sambutan positif dari Rektor Universitas Jember M. Hasan yang mengatakan riset-riset mengenai pertanian dan perkebunan menjadi salah satu perhatian Kampus Tegalboto Universitas Jember karena perguruan tinggi tersebut berada di wilayah agroindustri.

"Sudah banyak penelitian mengenai pertanian dan perkebunan yang dilakukan para peneliti baik di fakultas maupun yang difasilitasi oleh Lembaga Penelitian maupun CDAST, misalnya saja riset mengenai tebu transgenik," katanya.

Ia berharap segera ada tindak lanjut dari pertemuan tersebut berupa nota kesepahaman (MoU) antara Universitas Jember dengan P3GI.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016