Sumenep (Antara Jatim) - Harga daging ayam kampung dan broiler di Pasar Anom Baru di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Kamis, mengalami penaikan dibanding pekan lalu.

"Harga daging ayam kampung naik dari Rp70 ribu per kilogram menjadi Rp75 ribu dan daging ayam broiler dari Rp30 ribu menjadi Rp32 ribu," kata Kabid Perdagangan Dinas Perindutrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep R Heni Yulianto di Sumenep.

Sementara harga daging sapi tidak mengalami perubahan dibanding pekan-pekan sebelumnya, yakni Rp110 ribu per kilogram.

Selain itu, harga dua komoditas lainnya juga terpantau naik, yakni cabai merah besar biasa dari Rp30 ribu menjadi Rp35 ribu per kilogram dan bawang putih dari 30 ribu menjadi Rp32 ribu.

"Untuk harga daging ayam kampung maupun broiler, penaikannya diduga akibat meningkatnya permintaan, karena saat ini masa menjelang pemulangan haji dan biasanya kerabat haji menggelar syukuran," kata Heni, menerangkan.

Sementara harga komoditas lainnya terpantau stabil, di antaranya beras tetap pada kisaran Rp8.200 hingga Rp9.400 per kilogram dan gula pasir Rp14 ribu.

Harga cabai merah kecil biasa tetap Rp20 ribu per kilogram, bawang merah Rp35 ribu, kentang Rp15 ribu, dan wortel Rp8 ribu per kilogram.

Begitu juga harga minyak goreng curah tetap Rp12 ribu per kilogram, mentega curah Rp21 ribu, telur ayam ras Rp19 ribu, dan telur ayam kampung Rp43.200 per kilogram.

Staf Disperindag Sumenep memantau harga komoditas setiap hari di dua pasar di Kecamatan Kota, yakni di Pasar Anom Baru sebagai lokasi utama dan Pasar Bangkal Baru sebagai lokasi pembanding. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016