Sumenep (Antara Jatim) - Seorang haji asal Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Taharuddin bin Sahed (58) meninggal dunia pada Rabu (14/9) sekitar pukul 12.00 WIB atau sekitar pukul 08.00 waktu Mekkah.

"Almarhum meninggal dunia di Hotel Al Ghazali Mekkah. Untuk jenis penyakitnya atau penyebab almarhum meninggal dunia belum terkonfirmasi," kata Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep, Abd Azis di Sumenep, Kamis.

Almarhum yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 1 itu adalah warga Desa Bilis Bilis, Kecamatan Arjasa, Pulau Kangean.

"Almarhum yang telah tuntas atau sempurna melaksanakan seluruh ibadah haji itu akan dimakamkan di Mekkah," ujarnya, menerangkan.

Secara keseluruhan, jamaah haji asal Sumenep tergabung dalam tiga kloter, yakni kloter 1 terdiri atas 445 orang, kloter 2 sebanyak sembilan orang, dan kloter 22 sebanyak tujuh orang.

"Almarhum menunaikan ibadah haji bersama istrinya, Sintia (57). Dengan demikian jumlah jemaah haji kloter 1 yang pulang ke Indonesia sebanyak 444 orang," kata Azis.

Informasi dari Kantor Kemenag Sumenep, jamaah haji yang tergabung dalam kloter 1 dijadwalkan tiba pada Minggu (18/9) sekitar pukul 18.00 WIB.

Sementara kloter 2 dijadwalkan tiba di Sumenep pada Minggu sekitar pukul 23.00 WIB dan kloter 22 pada 27 September 2016.

Rencananya, kedatangan jamaah haji yang tergabung dalam kloter 1 akan diterima atau disambut secara langsung oleh Bupati Sumenep, A Busyro Karim.

Sementara kedatangan jamaah haji kloter 2 dan 22 akan diterima oleh pimpinan Kantor Kemenag Sumenep. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016