Surabaya, (Antara Jatim) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III membagikan sebanyak 582 hewan kurban yang terdiri dari 125 ekor sapi dan 457 ekor kambing kepada masyarakat di sekitar wilayah perusahaan, dalam rangkaian kegiatan Idul Adha 1437 Hijriah.

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum  Pelindo III Toto Heliyanto, di Surabaya, Senin mengatakan pembagian hewan kurban adalah bagian dari rasa syukur perusahaan.

Ia mengatakan hewan kurban yang dibagikan kepada masyarakat murni dari korporasi, karyawan, keluarga karyawan, anak usaha serta mitra kerja Pelindo III. 

"Daging dari hasil sembelihan juga kami salurkan kepada golongan masyarakat yang membutuhkan di sekitar perusahaan, seperti tenaga kerja bongkar muat pelabuhan, petugas kebersihan, takmir masjid dan musholah, serta sejumlah yayasan dan panti asuhan," ucapnya.

Toto mengaku, pembagian hewan kurban juga sebagai upaya mendekatkan dan silaturahmi Pelindo III bersama masyarakat sekitar dalam rangkaian peringatan Idul Adha.

"Untuk penyerahannya, secara simbolis kami berikan hewan kurban kepada Ketua Panitia Kurban Pelindo III M Sadad Sukmono di halaman masjid, usai sholat Idul Adha tadi," katanya.

Sedangkan wilayah kerja Pelindo III yang mendapatkan bagian hewan kurban terdiri dari tujuh provinsi, masing-masing adalah Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Sementara itu, Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto mengakui kegiatan kurban di perusahaan BUMN kepelabuhanan itu sudah dilaksanakan rutin setiap tahun.

"Sesuai tuntunan agama penyembelihan boleh dilaksanakan hari ini dan hingga hari tasyriq atau tiga hari ke depan," tuturnya.

Edi mengatakan Pelindo III selama ini juga telah aktif melakukan berbagai kegiatan sosial untuk membantu masyarakat dan lingkungannya, dan tidak hanya pada momen tertentu namun sering menyelenggarakan kegiatan sosial, seperti di bidang kemasyarakatan, keagamaan, lingkungan hidup, pendidikan, kesenian, olahraga dan kesehatan.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016