Pacitan (Antara Jatim) - Telkom membangun sarana wifi.id corner di wilayah pelosok Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Jumat (9/9), sebagai wujud komitmen BUMN yang bergerak di bidang komunikasi dan teknologi informasi tersebut dalam mendukung pengembangan masyarakat digital di daerah tersebut.
    
"Pembangunan sarana wifi.id corner ini diharapkan membantu masyarakat dalam mengakses informasi melalui sarana digital dengan akses internet berkecepatan tinggi," kata Executive Vice President Telkom Regional V Jatim-Bali, Nusra Suparwiyanto di Pacitan, Sabtu.
    
Ia menjelaskan, pembangunan sarana wifi.id corner kali ini dipilih di kota Kecamatan Punung yang secara geografis lokasinya berada di pelosok Pacitan dan berbatasan dengan Jawa Tengah.
    
Nusra berharap, penyediaan fasilitas wifi.id dengan akses internet berkcepatan tinggi itu bisa merangsang warga desa di pinggiran Pacitan untuk lebih melek IT maupun segala informasi global yang positif.
    
"Jika nanti wifi.id corner ini jadi sepi, itu karena mereka sudah memanfaatkan akses internet di rumah-rumahnya dengan fasilitas internet berbayar dari Telkom, IndiHome," katanya.
    
Nusra menambahkan, wilayah yang dijangkau oleh Telkom STO Punung Pacitan, telah dilakukan modernisasi jaringan akses dari kabel tembaga menjadi fiber optik, sehingga kecepatan akses internet yang bisa dimanfaatkan hingga ratusan Mbps.
    
"Melihat kondisi geografi wilayah yang beragam di Pacitan, dimana penggelaran kabel Telkom di beberapa tempat mempunyai kesulitan yang cukup tinggi, sudah diantisipasi solusinya oleh Telkom," ujarnya.
    
Wilayah-wilayah tertentu yang tidak terjangkau jaringan akses, kata Nusra, disolusikan dengan layanan satelit melalui IndiHome Sky.
    
"Sedangkan beberapa wilayah yang belum bisa terlayani layanan 'triple play' dengan UseeTV. Telkom telah memberikan solusi IndiHome DTH," katanya. (*)

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016