Situbondo (Antara Jatim) - Pengelola objek wisata Pasir Putih (Papu) Situbondo, Jawa Timur, menggelar inspeksi mendadak terhadap pengusaha perahu layar wisata dan perahu kanu, guna memastikan kesiapan menghadapi lonjakan pengunjung pada libur Hari Raya Idul Adha.

"Inspeksi mendadak atau sidak hari ini terhadap pelaku usaha perahu layar dan kanu yang selama ini melayani wisatawan, sebagai bentuk kesiapan kita dalam pelayanan dan keselamatan pengunjung," kata Direktur Perusahaan daerah Pasir Putih Situbondo Danial Maulana di Situbondo, Sabtu.

Ia mengatakan, kegiatan sidak dalam rangka menghadapi lonjakan pengunjung pada libur Idul Kurban di wisata bahari yang letaknya berada di Kecamatan Bungatan atau perjalanan menggunakan kendaraan roda dua maupun empat sekitar 15 menit dari Kota Situbondo.

Tidak hanya pelaku usaha perahu dan kanu, kata dia, pelaku usaha lainnya seperti pedagang-pedagang kerajinan khas Situbondo serta warung yang berada di kawasan wisata itu juga tak luput dari sidak termasuk juga perhotelan.

"Kalau sidak kami ke pelaku usaha kerajinan atau oleh-oleh dan warung ini agar mereka turut menjaga kebersihan dan juga diminta melayani pengunjung dengan ramah. Sedangkan di perhotelan kami juga imbau meningkatkan pelayanan," katanya.

Menurut Danial, dari hasil inspeksi mendadak tersebut tidak ditemukan perahu layar yang rusak maupun bocor yangd apat membahayakan pengunjung wisata.

Ia mengatakan, lonjakan pengujung di objek wisata Pasir Putih Situbondo pada libur Idul Kurban tahun ini sudah mulai tampak sejak Sabtu pagi. Dan diperkirakan puncak lonjakan pengunjung wisata pantai itu akan terjadi pada Minggu (11/9).

"Biasanya pada libur Idul Kurban, lonjakan pengunjung atau wisatawan tidak seperti pada libur Idul Fitri yang membludak. Namun demikian kami tetap mengantisipasi lonjakan pengunjung," tuturnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016