Surabaya (Antara Jatim) - Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi menilai atlet-atlet yang bertarung di ajang Olimpiade Rio 2016 merupakan inspirasi masyarakat Indonesia.

"Mereka adalah inspirasi-inspirasi yang memotivasi kita semua," ujar Cak Imam, sapaan akrabnya, saat berkunjung bersama atlet-atlet Olimpiade di sela konvoi di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Jumat.

Menteri asal Jawa Timur itu berharap tidak lama lagi muncul atlet-atlet generasi mendatang yang berprestasi lebih dan membanggakan Indonesia di mata internasional.

"Saya harap muncul Owi-Owi dan Butet-Butet baru (panggilan Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir). Mari buktikan kepada dunia bahwa Indonesia mampu berprestasi," ucap mantan Sekjen DPP PKB tersebut.

Menpora juga berterima kasih kepada Jatim yang telah mendukung penuh dan menerima konvoi atlet, sekaligus menjadi tuan rumah puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) di Sidoarjo.

Pada kesempatan tersebut, Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir yang sukses merebut medali emas pada Olimpiade Rio 2016 turut mendampingi, begitu juga lifter peraih medali perak angkat besi Eko Yuli Irawan, serta sejumlah atlet nasional lainnya.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo yang menyambutnya mengaku bangga kepada atlet-atlet berprestasi dan menjadi inspirasi bagi atlet muda Indonesia, terutama Jatim.

"Apa yang diraih oleh atlet-atlet olimpiade di Rio ini telah memberikan motivasi tinggi bagi atlet muda. Adik-adik kita yang berlatih di dalam kehidupan olahraga ini akan termotivasi," kata Pakde Karwo, sapaan akrabnya.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut juga menyampaikan prestasi yang diraih para atlet harus dijadikan contoh dan inspirasi bagi atlet muda dalam berlatih hingga berkompetisi secara rutin.

"Dengan cara berlatih dengan sungguh-sungguh dan rutin akan mampu menghasilkan sekaligus mencetak atlet-atlet juara di berbagai bidang," katanya.

Kedatangan jawara-jawara Olimpiade ke Jatim, kata dia, memberi energi yang luar biasa terhadap pengembangan dan pembangunan keolahragaan di Jatim.

"Bahkan berdampak kepada masyarakat Jatim untuk terus mendukung keberadaan atlet-atlet muda Jatim agar berkompetisi secara positif," tuturnya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016