Surabaya (Antara Jatim) - Presiden RI Joko Widodo berkurban sapi jenis peranakan ongole (PO) di Masjid Al-Akbar Surabaya dalam rangka Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1437 Hijriah.

"Sapi kurban sumbangan Presiden Jokowi beratnya 1,1 ton berjenis PO yang dibeli dari peternak asal Panceng, Gresik, Shaleh dengan kisaran harga Rp70 juta," ujar Kepala Biro Administrasi Kemasyarakatan Setdaprov Jatim Bawon Adhiyitoni di Surabaya, Selasa.

menurut dia, Pemerintah Pusat telah berkoordinasi dengan Pemprov Jatim terkait sapi sumbangan Presiden yang nantinya diserahkan ke panitia Idul Adha masjid setempat.

"Sudah ada koordinasi dan akan diserahkan usai menunaikan Shalat idul Adha di Masjid Al-Akbar, Senin, 12 September 2016," ucapnya didampingi Kepala Bagian Keagamaan Mohammad Isa.

Selain Presiden, Gubernur Jawa Timur Soekarwo juga rencananya akan berkurban sapi jenis Simental dengan berat 950 kilogram yang dibeli dari Peternak Bojonegoro, Kusnan, seharga Rp65 juta.

Sedangkan, sapi kurban milik Wakil Gubernur Saifullah Yusuf berjenis limosin yang memiliki berat sekitar 850 kilogram.

"Sapi tersebut juga dibeli dari peternak yang sama asal Bojonegoro dengan harga sekitar 60 juta rupiah," katanya.

Tidak itu saja, dari peternak sama juga dibeli sapi kurban jenis limosin untuk Sekdaprov Jatim Akhmad Sukardi dengan berat 800 kilogram seharga Rp55 juta.

Sementara itu, seluruh hewan kurban tersebut akan dikirimkan ke Masjid Al-Akbar pada Minggu, 11 September 2016.

Pada pelaksanaan shalat Idul Adha, Gubernur Jatim, Wakil Gubernur Jatim, dan pejabat Forpimda beserta keluarga dijadwalkan menunaikan shalat di Masjid Al-Akbar Surabaya bersama mantan Wakil Presiden RI Tri Sutrisno. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016