Surabaya (Antara Jatim) - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf bersama grup musik SLANK akan berkolaborasi di atas panggung hiburan memperingati Hari Pramuka 2016 di Lapangan Makodam V/Brawijaya di Surabaya, Minggu, 4 September 2016.

"Penampilan SLANK khusus untuk adik-adik Pramuka Jawa Timur," ujar Gus Ipul, sapaan akrab Wagub Jatim kepada wartawan di Surabaya, Sabtu.

SLANK akan hadir lengkap dengan seluruh personelnya dan diprediksi puluhan ribu penonton, termasuk "Slanker" (sebutan penggemar Slank) bakal mendatangi pertunjukan yang digelar malam hari itu.

Sebelum panggung hiburan atau Minggu sore, dalam rangka peringatan Hari Pramuka yang sejatinya diperingati setiap 14 Agustus, juga dilakukan apel pramuka di Lapangan Koarmatim Surabaya.

Apel akbar akan diikuti sekitar 6.000 anggota Pramuka se-Jatim dan dijadwalkan hadir pada apel adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Puan Maharani.

Melalui acara ini, kata dia, orang nomor dua di Pemprov Jatim tersebut ingin menunjukkan bahwa pramuka tak hanya milik pemerintah dan pengurus, tapi juga milik rakyat.

Di setiap institusi pasti punya pramuka, kata dia, seperti di TNI AD ada Wira Kartika, Armatim ada Saka Bahari, Keluarga ada kencana, Polri ada Bhayangkara dan lain-lain sehingga diharapkan saka berada di setiap instansi sekaligus mewarnai perjalanan pramuka.

"Bisa dibayangkan kalau mereka kumpul semua, tentunya akan mempererat persatuan dan kesatuan kita," kata Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama tersebut.

Terhadap pramuka, lanjut dia, juga diharapkan mampu mencetak generasi-generasi penerus bangsa yang hebat dan unggul karena memiliki mental serta karakter para penerus bangsa terdidik dengan baik.

"Pintar itu penting, tapi tidak sekadar pintar. Tapi juga cinta Tanah Air, terampil, saling menolong dan peduli. Itulah yang kita inginkan dari pramuka," kata mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal tersebut. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016