Sumenep (Antara Jatim) - Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Timur XI (Pulau Madura) MH Said Abdullah mengingatkan mahasiswa Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep tentang pentingnya nasionalisme demi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Mahasiswa memang harus berpikir global. Namun, jangan sampai rasa cinta terhadap tanah air terkikis supaya bangsa ini tidak runtuh," katanya di Sumenep, Sabtu.

Said yang politisi PDI Perjuangan itu berada di Unija Sumenep untuk memberikan kuliah umum kepada 1.228 mahasiswa baru perguruan tinggi swasta tersebut.

"Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatannya sendiri sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka," ujarnya menyitir kata-kata Bung Karno.

Ia menjelaskan, Indonesia sebagai suatu bangsa telah menyatakan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945 melalui Bung Karno dan Bung Hatta.

"Indonesia telah merdeka. Indonesia hari ini dan masa mendatang berada di tangan para pemuda, termasuk mahasiswa. Jangan sampai mahasiswa menjadi "mahasusah" dan selanjutnya malah menyusahkan perjalanan bangsa ini," katanya.

Said yang kelahiran Sumenep itu pun meminta mahasiswa tidak terkotak-kotak dalam pemahaman yang ekslusif.

Beda agama dan keyakinan maupun suku dan budaya yang tak sama adalah jati diri Indonesia sebagai bangsa dan wajib dipertahankan, bukan malah dipertentangkan.

"Negara Kesatuan Republik Indonesia berdiri dan dibangun dengan keragaman warganya. Mahasiswa harus mampu keluar dari sekat-sekat itu dan selanjutnya tunjukkan bangga ber-Indonesia," kata Said, menegaskan.

Sementara Rektor Unija Sumenep, Alwiyah menjelaskan, kuliah umum tentang nasionalisme itu merupakan rangkaian kegiatan dari pengenalan kehidupan kampus bagi ribuan mahasiswa barunya. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016