Sumenep (Antara Jatim) - Harga beras jenis IR-64 di Pasar Anom Baru di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Kamis, turun Rp500 per kilogram dari Rp8.700 menjadi Rp8.200 per kilogram.

"Saat ini, sebagian petani di Sumenep panen padi. Kami menduga kondisi tersebut yang membuat harga beras jenis IR-64 turun," kata Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, R Heni Yulianto di Sumenep.

Sebelumnya sebagaimana hasil pemantauan staf Disperindag Sumenep pada awal pekan ini (22/8), harga beras IR-64 Rp8.700 per kilogram dan beras mentik Rp9.400.

"Untuk beras mentik, harganya tidak mengalami perubahan atau tetap. Pada pekan-pekan sebelumnya, harga beras mentik memang Rp9.400 per kilogram," ujarnya.

Selain beras, komoditas yang harganya berfluktuasi hanya bawang merah, yakni dari Rp25 ribu per kilogram pada awal pekan ini menjadi Rp27 ribu.

Sementara harga komoditas lainnya terpantau stabil, di antaranya cabai besar biasa Rp20 ribu per kilogram, cabai kecil biasa Rp30 ribu, dan bawang putih Rp28 ribu per kilogram. 

Harga sejumlah jenis daging juga tidak mengalami perubahan, yakni daging sapi Rp110 ribu per kilogram, daging ayam kampung Rp70 ribu dan daging ayam broiler Rp32 ribu. 

Harga minyak goreng curah tetap Rp12.500 per kilogram, mentega curah Rp21 ribu, dan gula pasir Rp14 ribu per kilogram.

Staf Disperindag Sumenep melakukan pemantauan harga komoditas setiap hari di dua pasar di Kecamatan Kota, yakni Pasar Anom Baru sebagai lokasi utama dan Pasar Bangkal Baru sebagai pembanding. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016