Surabaya (Antara Jatim) - Polwan Polda Jatim membagikan 50 helm kepada pengguna jalan, khususnya pelajar dan anak-anak yang dibonceng orang tuanya di Jl Raya Darmo dan Jl Diponegoro Surabaya menjelang peringatan HUT ke-68 Polwan yang jatuh setiap tanggal 1 September.

"Bagi-bagi helm yang dilakukan Polwan Polda Jatim pada Selasa (23/8) itu bertujuan untuk meminimalkan kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di Jawa Timur, khususnya kecelakaan yang menimpa pelajar dan anak-anak," kata Kasubdit PID Polda Jatim AKBP Wiwik Setyaningsih di Surabaya, Rabu.

Dari data analisis evaluasi Ditlantas Polda Jatim tercatat selama kurun waktu tiga minggu terakhir dari tanggal 29 Juli hingga 11 Agustus telah terjadi sebanyak 1.005 kasus kecelakaan lalu lintas di Jatim.

Untuk kobran tingkat anak-anak hingga pelajar mencapai 369 kejadian, dengan jumlah 193 korban yang rata-rata usia mulai dari 2 tahun hingga 15 tahun. Faktor kecelakaan lalu  lintas terbanyak disebabkan faktor human error, seperti mengabaikan dan tidak mematuhi rambu lalu lintas. Juga, faktor kendaraan dan faktor jalan.

"Jadi, pembagian helm gratis dalam rangkai HUT ke-68 Polwan itu sebagai edukasi bagi pengguna jalan untuk tertib lalu lintas. Selain itu, pengguna jalan diimbau untuk memikirkan keselamatan diri sendiri dan orang lain pada saat berkendara," katanya.

Wiwik mengatakan dengan dibagikannya helm kepada pengendara yang utamanya pelajar dan anak-anak yang dibonceng orang tuanya, diharapkan dapat memberi edukasi tentang tata tertib keselamatan lalu lintas.

Tak hanya itu, Wiwik mengaku dengan menggunakan helm setidaknya pengendara dapat melindungi risiko di bagian kepala.

"Siapapun tidak ingin mengalami kecelakaan. Tapi, musibah itu kapan terjadi tidak pernah ada yang tahu. Jadi, lebih baik dari sejak dini memikirkan keselamatan kita disaat berkendara di jalan. Salah satunya dengan menggunakan helm dan mematuhi rambu lalu lintas," tegasnya.

Tidak hanya Polwan Polda Jatim, Polwan Polrestabes Surabaya turut melakukan pengaturan lalu lintas dan membagikan cenderamata dalam menyambut HUT ke-68 Polwan. Petugas juga memberikan imbauan kepada pengendara untuk berkendara dengan baik dan menaati peraturan.

Sementara itu, Kanit Laka Lantas Polrestabes Surabaya AKP Rahayu Rini menambahkan pembagian souvenir ini dilakukan kepada pengedara R2, terutama perempuan.

"Intinya tetap harus taat akan peraturan lalu linta dan perhatikan keselamatan diri sendiri dan orang lain sesama pengguna jalan," pungkasnya. (*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016