Surabaya (Antara Jatim) - Ratusan peserta kompetensi menembak berskala internasional atau Austral Asia Handgun Championship (AAHC) 2016 akan berparade mengendarai mobil jeep keliling Kota Surabaya pada Minggu (28/8).
    
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Surabaya Afghani Wardhana, di Surabaya, Selasa, mengatakan setelah parade, seluruh peserta akan mengikuti seremoni pembukaan di Taman Surya.
    
"Saat tiba di Taman Surya, peserta AAHC 2016 akan disambut reog dan dadak merak sejumlah negara peserta," katanya.
    
Menurut dia, penyambutan seperti ini lazim dilakukan Pemkot Surabaya saat menyambut tamu-tamu dari luar negeri. Sedangkan pembukaan AAHC 2016 secara simbolis akan ditandai dengan tembakan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersama sejumlah undangan VIP.
    
Afghani berharap even internasional ini dapat dimanfaatkan untuk saling berbagi pengalaman antara penembak mancanegara dan dalam negeri. "Sehingga dengan begitu diharapkan ada transfer ilmu antarpeserta," kata mantan Sekretaris DPRD Surabaya ini.
    
Terkait rute parade, Kasi Penertiban Bidang Dalops, Dinas Perhubungan Surabaya, Trio Wahyubowo menuturkan, rombongan akan start pukul 15.30 dari Jl. Jaksa Agung Suprapto melewati Jl. Wali Kota Mustajab, Jl. Genteng Kali, Jl. Tunjungan, Jl. Gubernur Suryo, Jl. Yos Sudarso dan finish di pintu selatan Taman Surya.
    
Trio menyatakan, selama parade tidak ada penutupan jalan. Dishub hanya akan menjaga setiap persimpangan yang dilalui peserta AAHC 2016. Untuk itu, Dishub Surabaya menyiagakan 100 personel yang akan mengatur arus lalu-lintas di sekitaran rute yang dilalui.
    
"Pada Minggu sore arus lalu-lintas umumnya tidak terlalu padat. Namun, kami tetap minta maaf bila kelancaran berkendara warga sedikit terganggu," katanya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016