Jember (Antara Jatim) - Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jember, Teguh Suprayitno mengatakan tingkat hunian hotel di Kabupaten Jember, Jawa Timur, penuh selama kegiatan parade karnaval kelas dunia "Jember Fashion Carnaval" (JFC) ke-15.

"Seluruh kamar hotel sebanyak 1.800 kamar dipastikan penuh pada tanggal 27 Agustus 2016 atau jelang grand carnival JFC yang digelar 28 Agustus 2016," katanya di Jember, Selasa.

Menurutnya jumlah hotel bintang dan kelas melati di Jember sebanyak 40 hotel yang tersebar di beberapa wilayah, terutama di kecamatan kota yakni Kecamatan Sumbersari, Patrang, dan Kaliwates.

"Wisatawan yang datang untuk menyaksikan parade busana sepanjang 3,6 kilometer yang menjadi agenda tahunan di Kabupaten Jember berasal dari dalam negeri (domestik) dan mancanegara, sehingga okupansi hotel meningkat tajam," tuturnya.

Selama rangkaian kegiatan JFC selama lima hari yakni 24-28 Agustus 2016, lanjut dia, tingkat hunian hotel di Jember juga mengalami peningkatan yang signifikan, sedangkan seluruh kamar hotel penuh untuk pemesanan pada 27 Agustus 2016.

"Kami mendapat informasi bahwa sejumlah wisatawan yang kehabisan kamar hotel di Jember terpaksa harus bermalam di beberapa hotel di luar Jember, seperti di Kabupaten Bondowoso, Lumajang, dan Banyuwangi," paparnya. 

Bahkan wisatawan yang sudah menjadwalkan untuk melihat JFC tersebut harus memesan jauh-jauh hari untuk mendapatkan kamar hotel yang tidak jauh dari lokasi kegiatan alun-alun Kabupaten Jember.

"Pemesanan kamar untuk beberapa hotel bintang juga sudah dilakukan oleh wisatawan jauh-jauh hari, sehingga mereka bisa mendapatkan kamar hotel sesuai dengan keinginan," ujarnya.

Ia menjelaskan peningkatan okupansi hotel yang cukup signifikan juga karena kegiatan salah satu acara televisi swasta "Mata Najwa" di Stadion Jember Sport Garden yang menyedot perhatian masyarakat di luar Jember.

Sementara salah seorang pegawai di salah satu hotel Jalan Gajahmada Jember, Nevi mengatakan tingkat hunian di hotelnya sudah penuh dipesan oleh wisatawan yang ingin melihat kegiatan JFC tersebut.

"Banyak pengunjung yang sudah pesan kamar hotel jauh-jauh hari, sehingga kamar hotel penuh saat kegiatan JFC," katanya.

Rangkaian kegiatan JFC International Event digelar sejak 24-28 Agustus 2016 yang diawali dengan JFC International Exhibition dengan menampilkan ratusan stand yang memamerkan produk-produk lokal bidang "Fashion, Art+Craft, Culture and Tourism", serta kuliner.

Kemudian karnaval JFC Kids yang diikuti ratusan peserta pada 25 Agustus 2016, Artwear Carnival pada 26 Agustus 2016, dilanjutkan Wonderful ArtChipelago Carnival yang diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai provinsi di Indonesia pada 27 Agustus 2016, dan Grand Carnival JFC yang digelar pada 28 Agustus 2016.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016