Sidoarjo (Antara Jatim) - Bupati Sidoarjo Jawa Timur Saiful Ilah memberangkatkan sebanyak tiga kelompok terbang (kloter) masing-masing kloter 29, 30 dan 31 jamaah calon haji dari halaman Pendopo Kabupaten Sidoarjo untuk menuju ke asrama haji di Sukolilo, Surabaya.

"Saya meminta kepada calon haji yang akan berangkat ini untuk senantiasa menjaga kesehatan dan juga menjaga pola makan karena serta diberikan kesabaran yang tinggi saat menjalankan ibadah haji," katanya saat pemberangkatan jamaah calon haji di Pendopo Kabupaten Sidoarjo, Sabtu.

Ia mengemukakan, jamaah calon haji asal Kabupaten Sidoarjo berjumlah sebanyak 1.822 orang yang terbagi kedalam empat kelompok terbang di mana tiga kelompok terbang diberangkatkan pada hari ini dan satu kelompok terbang yakni 32 akan diberangkatkan pada esok hari.

"Saya juga berpesan supaya jamaah ini tidak memakan makanan yang berlemak, perbanyak makan buah karena itu bagus. Bawa obat-obatan yang selalu dipakai setiap hari untuk memudahkan pengobatan jika terjadi sakit," tuturnya.

Ia juga berpesan supaya jamaah ini untuk selalu mengikuti petunjuk yang diberikan oleh petugas kelompok terbang dan bisa dilaksanakan dengan baik untuk mempermudah kelancaran pelaksanaan haji.

"Semoga para jamaah yang diberangkatkan ini diberikan kesabaran dan keselamatan sejak berangkat sampai nanti kembali ke Tanah Air," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sidoarjo M Rofii mengatakan di Sidoarjo ini khususnya untuk kelompok terbang 31 kemungkinan akan delay sekitar lima jam untuk pemberangkatannya karena jadwal masuk ke bandara di Mekkah sedang penuh.

"Namun demikian, tidak akan jadi masalah karena sudah dilakukan koordinasi lebih lanjut sehingga pelaksanaan haji ini bisa berjalan dengan lancar, termasuk masalah visa di Kabupaten Sidoarjo juga sudah beres dan selesai," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016