Surabaya, (Antara Jatim) - Pertamina "Marketing Operation Region" (MOR) V yang meliputi wilayah Jatim, Bali dan Nusa Tenggara Timur akan memperluas distribusi produk bright gas ukuran 5,5 kg ke beberapa wilayah Jatim, karena tingginya permintaan masyarakat terhadap produk tersebut.
     
Area Manager Communication and Relation Pertamina MOR V Heppy Wulansari, di Surabaya, Jumat mengatakan perluasan akan dilakukan di wilayah Malang, Jember, Banyuwangi dan beberapa kota besar di Nusa Tenggara Barat.
    
"Langkah awal yang kami lakukan adalah dengan mendatangkan sekitar 100.000 tabung pada pertengahan Agustus 2016 dan akan distribusikan ke sejumlah wilayah hingga akhir tahun," katanya.
     
Heppy menargetkan pada akhir tahun 2016 seluruh kota besar di Jawa Timur sudah bisa menyediakan bright gas ukuran 5,5 Kg.
     
"Ini merupakan bagian upaya kami agar masyarakat semakin mudah mendapatkan bright gas 5,5 kg. Dengan semakin mudah ditemukan tentunya bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk pindah ke bright gas 5,5 Kg,” ujarnya.
     
Heppy menjelaskan target utama adalah keluarga kecil, penghuni apartemen atau masyarakat menengah atas yang hingga kini masih menggunakan tabung elpiji ukuran 3 kg.
      
"Elpiji ukuran 3 kg akan kami fokuskan peruntukannya untuk rakyat miskin, jadi untuk konsumen rumah tangga yang menengah ke atas bisa menggunakan bright gas 5,5 kg, hal itu jika menginginkan kemasan yang lebih ringan," tuturnya.
     
Heppy mengaku sejak diluncurkan pada April 2016 di Surabaya, hingga saat ini bright gas 5,5 kg sudah dipasarkan di Surabaya, Sidoarjo, Madura, Mojokerto, Jombang, Gresik, Kediri, Madiun dan Bali. 
      
Sedangkan harga jual refill atau isi ulang sebesar Rp57.500 per tabung, sedangkan harga tabung baru + isi Rp321.500, dengan penjualan rata-rata saat ini sekitar 2.500 tabung/bulan.
     
Heppy menjelaskan ada beberapa keunggulan yang dimiliki bright gas 5,5 kg, di antaranya adalah kemasan yang lebih ringan dan praktis sehingga memudahkan mobilisasi bahkan oleh kaum wanita. 
      
Keunggulan lainnya, kata Heppy adalah pengaman pada tabung yang dilengkapi dengan "double spindle". Selain itu, karena tabung berwarna pink, menjadi pilihan yang cerah untuk menghiasi dapur saat memasak.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016