Magetan (Antara Jatim) - Ribuan pendaki merayakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan mendaki Gunung Lawu melalui jalur Cemoro Sewu, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Koresponden Antara di Magetan, Rabu, melaporkan posko jalur pendakian Jawa Timur di Desa Cemoro Sewu, Kecamatan Plaosan, Magetan sudah ramai dipadati para pendaki yang ingin melakukan pendakian ke puncak Lawu guna merayakan momentum hari kemerdekaan di lokasi tersebut sejak Selasa (16/8) sore.

Posko Cemoro Sewu mencatat jumlah pendaki yang mendatangi lokasi tersebut diperkirakan mencapai sekitar 5.000 orang.

Para pendaki tersebut tidak hanya berasal dari wilayah Magetan dan Madiun saja. Namun juga sejumlah wilayah di Tanah Air, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, bahkan luar Pulau Jawa.

"Sudah punya rencana ingin mendaki Gunung Lawu pada momen Agustusan ini. Di puncak nanti mau mengibarkan bendera Merah Putih," ujar seorang pendaki asal Bekasi, Abdul Azis.

Hal yang sama diungkapkan oleh pendaki lain asal Depok, Zakiyah. Meski cuaca di pengunungan cenderung banyak hujan imbas dari kemarau basah, ia dan teman-temannya tetap mendaki gunung yang memiliki ketinggian 3.625 meter dari permukaan laut tersebut.

"Segala persiapan sudah dilakukan untuk mendaki Lawu. Mulai peralatan keamanan untuk mendaki, logistik, dan obat-obatan," kata dia.

Menurut dia, pihaknya sengaja memilih Gunung Lawu guna merayakan momentum peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan RI karena gunung tersebut memiliki jalur pendakian yang relatif mudah dan pendek.

Meski demikian, pihaknya tetap mempersiapkan peralatan pendakian dengan baik. Terlebih kondisi cuaca saat ini tidak dapat ditebak.  Kadang bisa cerah, sebaliknya, tiba-tiba langsung hujan.

Sementara, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama momentum pedakian Agustusan, pihak BPBD Magetan dan Perhutani KPH Lawu Ds telah membangun posko pengamanan di pintu masuk jalur pendakian Cemoro Sewu.

BPBD dibantu dengan relawan juga melakukan pengamanan di setiap pos pendakian yang ada di jalur Cemoro Sewu munuju puncak Gunung Lawu, yakni dari pos 1 hingga pos 5.

Diprediksi, jumlah pendaki yang datang ke lokasi tersebut masih akan ramai hingga Rabu sore guna melakukan pendakian pada malam harinya. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016