Jember (Antara Jatim) - Mahasiswa Pecinta Alam (Mahapala) Universitas Jember (Unej) mengibarkan bendera merah putih berukuran 10 x 8 meter diatas tebing Gunung Sepikul, Kecamatan Pakusari, Kabupaten Jember, Jawa Timur dalam rangka memperingati HUT ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Kegiatan pengibaran bendera merah putih di Gunung Sepikul merupakan wujud kecintaan kami sebagai komunitas pecinta alam dari Mahapala Unej dalam momentum Hari Kemerdekaan," kata Ketua Mahapala Unej Aji Masandi di Jember, Selasa.

Menurut dia, kegiatan pengibaran bendera merah putih raksasa tersebut dikibarkan di ketinggian sekitar 20 meter oleh sejumlah anggota Mahapala yang sudah memiliki kemampuan panjat tebing yang cukup baik.

"Tradisi mengibarkan bendera raksasa di Gunung Sepikul Jember dapat memberikan motivasi kepada kami untuk terus mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang positif dan lebih mencintai Indonesia yang sudah merdeka 71 tahun," tuturnya.

Ia menjelaskan beberapa persiapan khusus harus dilakukan untuk mengibarkan bendera berukuran 10 x 8 meter tersebut, sehingga bendera bisa berkibar dengan sempurna di tebing Gunung Sepikul.

"Setelah melakukan pemanjatan di Gunung Sepikul dengan ketinggian sekitar 20 meter, maka pemanjat harus memasang tali pengaman dan mengibarkan bendera tersebut sebagai rasa cinta kepada alam Indonesia yang sudah merdeka," katanya.

Sementara salah seorang pemanjat tebing perempuan, Apriliani mengaku perlu persiapan fisik dan mental untuk melakukan pengibaran bendera raksasa di Gunung Sepikul, sehingga dilakukan latihan secara rutin.

"Kesulitannya ketika ada embusan angin yang cukup kencang menerpa bendera yang akan dikibarkan karena harus membutuhkan tenaga yang cukup kuat untuk menarik bendera, agar tidak jatuh," tuturnya.

Ia berharap dengan kegiatan pengibaran bendera merah putih tersebut dapat meningkatkan rasa nasionalisme generasi penerus bangsa untuk mencintai alam dengan menjaga kelestariannya sebaik-baiknya.

Bendera berukuran raksasa tersebut akan dikibarkan di Gunung Sepikul yang berada di Kecamatan Pakusari hingga akhir Agustus 2016 dan masyarakat yang melintas di kawasan tersebut dapat melihat berkibarnya bendera merah putih yang cukup besar.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016