Madiun (Antara Jatim) - Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Madiun, Jawa Timur, siap melaksanakan tugas pengibaran bendera dalam upacara HUT ke-71 Kemerdekaan RI yang akan digelar pada Rabu, 17 Agustus 2016 setelah dikukuhkan Wali Kota setempat.

"Saya harap mereka serius dan tidak main-main, sehingga pada saatnya nanti bisa mengemban tugas dengan baik dan sukses," ujar Wali Kota Madiun Bambang Irianto kepada wartawan di Madiun, Senin.

Dalam acara pengukuhan Paskibra Kota Madiun tahun 2016 di Gedung Asrama Haji setempat, Senin sore ini, ia mengatakan menjadi anggota paskibra adalah suatu kebanggaan dan kehormatan. 

"Karena itu, para anggota Paskibra Kota Madiun diminta untuk sadar pada tugas pentingnya demi kelancaran upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI secara keseluruhan," kata Bambang.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan Kota Madiun Edy Hermayanto mengatakan jumlah anggota paskibra yang dikukuhkan mencapai 77 orang. Para anggota paskibra tersebut berasal dari siswa dan siswi terbaik tingkat SMA sederajat di Kota Madiun. 

"Sebelumnya, masing-masing sekolah mengirimkan enam hingga 10 siswa terbaiknya lalu diseleksi dan mengikuti pelatihan serta karantina. Mereka dijaring melalui seleksi ketat yang melibatkan anggota kepolisian dan TNI," ungkap Edy.

Menurut dia terdapat sejumlah persyaratan seleksi yang harus dipenuhi. Di antaranya, tinggi badan untuk pria minimal 170 sentimeter dan perempuan 160 sentimeter serta banyak lagi syarat lainnya.

Untuk pembina didatangkan dari perwakilan Kodim 0803 Madiun, TNI AU, Polres Madiun Kota, serta sejumlah instruktur lainnya. Latihannya sendiri telah dilakukan sejak tanggal 18 Juli 2016.

Ia bersyukur karena seluruh rangkaian kegiatan selama pelatihan dan karantina dapat berjalan lancar sesuai dengan rencana. 

Para anggota paskibra bersama komponen petugas upacara lainnya juga telah melakukan gladi bersih pelaksanaan tugas pengibaran dan penurunan duplikat bendera pusaka Merah Putih di Alun-Alun Kota Madiun.

Edy menambahkan, saat bertugas nanti, para anggota paskibra tersebut akan dibagi dalam tiga formasi. Yakni, kelompok 17 yang bertindak sebagai barisan pengawal. Lalu, kelompok delapan yang merupakan barisan inti dan terdapat pengibar bendera. Kemudian, kelompok Pasukan 45 yang juga terdapat unsur TNI dan Polri yang merupakan barisan pengiring.

Diharapkan para anggota paskibra tahun ini dapat bertugas dengan baik demi kelancaran upacara peringatan HUT ke-71 Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016