Bojonegoro (Antara Jatim) - Stasiun Kereta Api (KA) di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, tidak sempat melayani karcis promo "Merdeka" HUT ke-71 Kemerdekaan RI untuk sejumlah KA yang berhenti di stasiun KA setempat karena ketika loket buka karcis promo sudah habis.
    
Junior "Supervisor" Pelayanan dan Komersial Stasiun Besar Bojonegoro Eko Prasetyo, di Bojonegoro, Kamis, menjelaskan tidak ada penumpang KA yang membeli karcis promo "Merdeka" dalam rangka HUT ke-71 Kemerdekaan RI di loket stasiun KA.
    
Alasannya, lanjut dia, karcis promo "Merdeka" sudah habis ketika loket di stasiun KA setempat buka pukul 09.00 WIB.
    
"Kami jelas tidak tahu jumlah pembeli yang akan naik dari stasiun KA Bojonegoro, sebab di luar seperti sejumlah toko swalayan juga menjual karcis promo "Merdeka"," jelas dia.
    
Menurut dia, tiket promo "Merdeka" untuk KA jarak menengah dan jauh dengan jumlah 71 tiket itu masing-masing KA, bisa diperoleh mulai pukul 24.00 WIB untuk penjualannya tidak hanya di loket Stasiun KA, tapi juga bisa dibeli di luar.
    
Oleh karena itu, ia tidak tahu jumlah penumpang di daerahnya yang bisa membeli karcis promo "Merdeka" seharga Rp17.000 itu.
    
Sesuai keterangan penjualan karcis promo "Merdeka" dijual di stasiun online, "Contact Center" 121, "channel eksternal" penjualan tiket PT KAI, aplikasi KAI Access, dan "internet reservation".
    
Sedangkan tiket KA yang masuk karcis promo "Merdeka" yaitu KA Kertajaya, Gumarang, Harina, Jayabaya dan Sembrani.
    
Seorang warga Bojonegoro Dita Afusalul, menyatakan sempat akan membeli tiket KA Harina yang berangkat dari stasiun setempat dengan tujuan Bandung.
    
Ketika itu, menurut dia, tiket KA Harina sekitar pukul 09.00 WIB masih tersedia, tapi hanya hitungan detik tiket habis.
    
"Ya saya gagal memesan tiket KA Harina tujuan Bandung. Yang jelas ketika itu tiket dari sejumlah KA yang masuk promo yang terakhir habis KA Harina," ujarnya.
    
Manager Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko mengatakan tarif "Promo Merdeka" dari PT KAI dengan tiket seharga Rp17 ribu untuk meningkatkan minat masyarakat bepergian dengan KA. (*)

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016