Madiun (Antara Jatim) - Bupati Madiun Muhtarom memberangkatkan sekitar 442 mahasiswa Universitas Merdeka Madiun (Unmer) guna melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di lima wilayah Kabupaten Madiun, yakni di Kecamatan Kebonsari, Geger, Dolopo, Dagangan, dan Wungu.

"KKN merupakan wujud pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat. Saya harap mahasiswa bisa melakukan trasnfer ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh selama kuliah sesuai disiplin ilmu yang dimilikinya kepada masyarakat," ujar Bupati Muhtarom seusai pemberangkatan di Pendopo Muda Graha, Madiun, Senin.

Menurut dia, kegiatan KKN juga menjadi ajang untuk menggali potensi desa yang ada agar dapat dikembangkan demi kesejahteraan masyarakat setempat.

"KKN hendaknya juga disinergikan dengan program pembangunan di Kabupaten Madiun, sehingga hasilnya lebih nyata dan tepat sasaran ke masyarakat. Mahasiswa juga diminta kreatif dan aktif berbaur dengan warga yang nenjadi lokasi pengabdiannya," kata dia.

Guna mendukung hal itu, Pemkab Madiun telah menetapkan Peraturan Bupati Nomor 3 Tahun 2016 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan KKN di Kabupaten Madiun, sehingga terjadi kesesuaian dan katerpaduan antara program KKN dengan program Pemkab Madiun.

"Perda tersebut bertujuan menjamin adanya keberlanjutan yang telah dirintis selama program KKN berjalan ke masyarakat," kata dia.

Sementara, Rektor Unmer Madiun Rahmanto Setya Hadi, mengatakan, program KKN siap mendukung pembangunan yang telah direncanakan oleh Pemkab Madiun. Yakni dengan meluncurkan program KKN Jendela Informasi Potensi Desa (Jelita).

"Sehingga visi dan misi pembangunan Kabupaten Madiun untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten madiun yang lebih sejahtera dapat terwujud," kata Rahmanto.

Data Unmer Madiun mencatat, dari 442 mahasiswa yang melakukan KKN tersebut berasal dari berbagai fakultas. Di antaranya, Fakultas Hukum sebanyak 80 orang, Fakultas Ekonomi 181 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik sebanyak 33 orang, Fakultas Pertanian 19 orang, dan Fakultas Teknik 109 orang.

Direncanakan para mahasiswa tersebut akan melaksanakan KKN mulai tanggal 8 Agustus hingga 31 Agustus 2016. (*)



   

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016