Surabaya (Antara Jatim) - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dilantik menjadi Ketua Majelis Pembimbing Cabang Kota Surabaya periode 2016-2020 oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur Saifullah Yusuf di Graha Sawunggaling Surabaya, Senin.

"Selamat mengemban amanat sebagai Kamabicab dan jangan pernah berhenti mengembangkan Gerakan Pramuka, khususnya di Surabaya," ujar Saifullah Yusuf di sela pelantikan.

Wakil Gubernur Jawa Timur tersebut menyampaikan bahwa Pramuka merupakan organisasi pendidikan yang tujuannya untuk menggerakkan para pemuda agar menjadi generasi penerus bangsa menjadi lebih baik.

Karena itulah ia berharap agar perkembangan Pramuka di Surabaya semakin maju dan dicintai pemuda, khususnya pelajar dengan tidak meremehkannya.

Selain itu, lanjut dia, Gerakan Pramuka adalah murni organisasi pendidikan tidak boleh tercampuri oleh organisasi yang bergerak di bidang politik.

"Jangan masuki Pramuka dengan politik atau mempergunakannya sebagai alat, sebab organisasi ini murni untuk mendidik anak lebih mandiri," ucap Gus Ipul, sapaan akrabnya.

Tidak itu saja, menjadi pengurus dan anggota Pramuka tidak melihat dan mengharapkan jasa ataupun pamrih sehingga dibutuhkan jiwa yang ikhlas untuk melaksanakannya.

"Pembimbing Gerakan Pramuka, terutama Kota Surabaya, harus dengan keihklasan dan tanpa pamrih dalam melaksanakan tugasnya," kata mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal tersebut.

Pada kesempatan sama, orang nomor satu di Gerakan Pramuka Kwarda Jatim tersebut berniat mengusulkan Tri Rismaharini yang juga Wali Kota Surabaya untuk mendapatkan penghargaan atas jasanya memberikan perhatian kepada Pramuka di kotanya.

"Saya akan usul ke Presiden RI Joko Widodo dan ke Ketua Kwarnas Pramuka untuk memberikan penghargaan ke Bu Risma karena terbukti mengembangkan Pramuka di Surabaya sehingga tercapai seperti sekarang," katanya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016