Sidoarjo (Antara Jatim) - Perwira Korps Marinir mengikuti kegiatan "Outbound" TNI AL 2016 di Pusat Latihan dan Pendidikan Dasar Militer (Pulatdiksarmil) Juanda, Sidoarjo dengan tujuan untuk menciptakan kesamaan pemahaman dan persepsi terhadap kebijakan pimpinan.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E.,M.A.P dalam sambutannya mengatakan, kegiatan "Outbound" TNI AL tersebut dilaksanakan kegiatan tersebut bertujuan untuk menciptakan kesamaan pemahaman dan menjalin silaturahmi serta meningkatkan solidaritas antarpeserta.

"Selain itu, kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut dapat dijadikan sebagai wahana yang efektif untuk melaksanakan introspeksi, evaluasi, transformasi kepemimpinan, sekaligus meningkatkan kebersamaan dan kerja sama," ujarnya.

Oleh karena itu. lanjut Kasal, kegiatan "Outbound" memiliki arti penting dalam membangun kesadaran untuk mengatasi permasalahan personel yang ada dan menguatkan kembali komitmen untuk terus membangun TNI Angkatan Laut menuju "World Class Navy".

Kasal juga menekankan bahwa TNI Angkatan laut sebagai kekuatan pertahanan negara matra laut sangat tergantung pada kualitas personelnya dalam mengawaki organisasi maupun alutsista. 

"Untuk mewujudkan personel yang berkualitas, diperlukan sebuah sistem pembinaan yang tepat pada level makro maupun mikro, sehingga memberikan jaminan bagi personel untuk dapat mengabdi dan berkarya sesuai kemampuan diri dan  tuntutan organisasi," katanya dalam siaran pers.

Kegiatan tersebut juga diikuti Kepala Staf Korps Marinir Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang, Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Lukman, S.T.,M.Si (Han), dan Para Perwira di jajaran Korps Marinir dengan jumlah keseluruhan peserta sebanyak 540 prajurit TNI AL dari berbagai strata dan korps.

Kegiatan diawali dengan laporan kesiapan pelaksanaan "Outbond" TNI AL tahun 2016 oleh Komandan Korps Marinir Brigjen TNI (Mar) R.M. Trusono, S.Mn selaku Ketua Panitia "Outbond" TNI AL 2016, kemudian dilanjutkan dengan pemasangan pita dan tanda peserta oleh Kepala Staf Angkatan Laut kepada perwakilan peserta "Outbond".

Pelaksanaan "Outbound" TNI AL 2016 terdiri dari  beberapa kegiatan yaitu mulai dari registrasi peserta, pengenalan kesatrian, penyampaian materi "Outbond" dan pengorganisasian peserta yang dilaksanakan pada hari pertama.

Selanjutnya pada hari kedua diawali dengan olahraga pagi, diteruskan pembukaan secara resmi kegiatan Outbound TNI AL 2016 kemudian dilaksanakan beberapa ceramah/paparan dan kegiatan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) yang dipandu oleh Ary Ginanjar Agustian.

Sedangkan pada hari terakhir peserta akan mengikuti berbagai simulasi permainan di alam terbuka baik secara individu maupun kelompok untuk meningkatkan kebersamaan dan meningkatkan kerjasama tim. Sebagai penutup kegiatan "Outbound" TNI AL 2016 adalah ceramah Kasal kepada seluruh  peserta yang diakhiri dengan pernyataan Ikrar Bersama.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016