Surabaya (Antara Jatim) - Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jawa Timur mengincar satu medali emas dari empat medali yang diperebutkan pada cabang olahraga otomotif pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat, September 2016.

"Target minimal satu medali emas dan ini program utama pengurus IMI Jatim," ujar Ketua Pengprov IMI Jatim Bambang Haribowo kepada wartawan di sela Musyawarah Provinsi IMI di Surabaya, Rabu.

Menurut dia, selama ini prestasi Jatim pada cabang olahraga ini belum maksimal sehingga pada PON kali ini diharapkan mencapai puncaknya dengan menyumbang medali emas.

"Sudah saatnya pebalap Jatim menunjukkan prestasi di arena PON. Sebagai salah satu gudangnya atlet dan dikenal aktif mengikuti kejuaraan, sangat memalukan jika tidak dapat medali emas," katanya.

Ia mengingat saat PON empat tahun lalu digelar di Riau, Jatim gagal meraih emas dan tidak menghasilkan hasil maksimal sehingga harus ada peruban pada PON kali ini.

Satu emas, kata dia, diharapkan dari pebalap Gerry Salim di nomor 125 cc perorangan, sedangkan di nomor beregunya belum ditentukan karena pebalap lapis kedua menunjukkan peningkatan prestasi selama mengikuti berbagai kejuaraan.

Gerry menjadi pebalap andalan merebut emas karena memiliki pengalaman di tingkat nasional maupun internasional, antara lain mengikuti kejuaraan Asia Road Race di Sentul dan kejuaraan di Shanghai pada 18 Agustus mendatang.

Sebelumnya, enam pebalap Jatim, termasuk Gerry diterjunkan ke beberapa kejuaraan tingkat nasional di Sulawesi Selatan, DI Yogyakarta dan Purwokerto.

"Hasil evaluasi sementara pada uji coba itu, prestasi pebalap Jatim cukup memuaskan. Semoga menular di PON dan pebalap andalan Jatim mampu berbuat banyak," katanya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016