Surabaya, (Antara Jatim) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Persero melakukan sinergi atau kerja sama dengan tiga bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni BNI, Bank Mandiri, dan BRI untuk meningkatkan kualitas layanan kepelabuhanan dengan menyediakan layanan perbankan.

Direktur Keuangan Pelindo III U Saefudin Noer, dalam keterangan persnya di Surabaya, Rabu mengatakan sinergi ini merupakan wujud nyata dukungan Pelindo III yang juga bagian dari BUMN dalam mendorong peningkatan perekonomian nasional. 

"Komitmen sinergi kami dengan BNI, Bank Mandiri dan BRI dituangkan dalam sebuah perjanjian nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani bersama di Jakarta hari ini," ucap Saefudin.

Ia menjelaskan, hadir dalam perjanjian itu Direktur Bisnis Korporasi BNI Herry Sidharta, Direktur Digital Banking and Technology Bank Mandiri Rico Usthavia Frans, serta Direktur BRI Donsuwan Simatupang.

Saefudin mengatakan, kerja sama layanan perbankan dalam transaksi kepelabuhanan diharapkan mempermudah proses bisnis Pelindo III.

"Layanan ini tentunya juga akan meningkatkan produktivitas di pelabuhan, semakin mudah dan cepat proses transaksi keuangan semakin cepat pula proses bisnis di lapangan," katanya.

Ia menjelaskan, peningkatan produktivitas pelabuhan akan memberikan dampak positif dalam menekan biaya logistik nasional, serta akan semakin efisien biaya yang harus dibayarkan oleh pengguna jasa.

"Pengguna jasa Pelindo III kebanyakan adalah perusahaan pelayaran, kapal ini menghasilkan uang dengan berlayar. Semakin lama di pelabuhan semakin besar biaya yang dikeluarkan, ini akan berdampak pada harga barang," katanya.

Sementara Direktur Bisnis Korporasi BNI Herry Sidharta mengatakan, BNI, Bank Mandiri dan BRI selalu siap mendukung pengembangan sistem layanan perbankan untuk Pelindo III, agar meningkatkan efisiensi sekaligus mendorong pengembangan bisnis di pelabuhan.

 "Pelabuhan merupakan salah satu infrastruktur utama dalam mendorong perekonomian nasional.  Pergerakan barang terjadi di sini, baik perdagangan domestik maupun internasional," katanya.

Direktur Digital Banking and Technology Bank Mandiri Rico Usthavia Frans mengaku dukungan tiga bank BUMN kepada Pelindo III ini meliputi lending facility, trade finance, tresury line facility, liquidity management dan beberapa layanan lainnya.

"Pelindo III merupakan BUMN yang besar, dan saat ini sektor maritim juga tengah menjadi perhatian pemerintah. Sehingga dukungan tiga bank ini akan mewujudkan pemenuhan kebutuhan finansial Pelindo III, sebab sebelumnya pada bulan Juni lalu, kami memberikan Kredit Sindikasi kepada Pelindo III senilai Rp4,5 triliun," katanya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016