Surabaya, (Antara Jatim) - Kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat (United States Navy Seal) USNS Millinocket siap mengikuti latihan perang bersama TNI AL, setelah kapal tersebut bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Senin.

Kepala Dinas Penerangan Koarmatim, Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman, di Surabaya mengatakan acara pembukaan latihan perang akan dilaksanakan pada Selasa (2/8) di Puslatkaprang Koarmatim.

"Nantinya tentara Amerika Serikat dan Indonesia berlatih bersama di Pusat Latihan Tempur Korps Marinir Baluran, Karangtekok, Situbondo," ucapnya.

Sementara itu, Kapten Kapal AS, Capt (N) Erwin F Lao usai menyandarkan kapal di Dermaga Jamrud Utara mengatakan kedatangan kapal berkecepatan tinggi itu dalam rangka latihan bersama antara US Navy dengan TNI Angkatan Laut, dengansandi "Cooperation Afloat Readiness and Training" (CARAT) 2016.

Ia mengatakan, setelah bersandar dan sebelum menggelar latihan perang bersama sejumlah tentara AS akan menghadiri acara makan malam dengan TNI dan pejabat pemerintahan Indonesia.

Erwin menjelaskan, kapal perang yang ia bawa bertolak dari pelabuhan Tanah Merah, Singapura pada 29 Juli 2016, dan merupakan kapal perang jenis "Spearhead" atau Ekspedisi Transportasi Cepat, serta buatan Austal US.

Ia mengatakan, kapal perang USNS Millinocket diluncurkan ke publik pada 5 Juni 2013 dan memiliki panjang 338 feet atau 103 m dengan lebar 28,5 m, serta memiliki kecepatan jelajah 43 knot (80 km/h:49 mph).
    
Selain itu, kapal juga mampu mengangkut dan menurunkan kargo (roll on-roll off) mencapai 600 ton dan didarati maksimal dua helikopter.

Erwin mengatakan, selama perjalanan membawa total 29 awak kapal, dan sebanyak 312 personel atau pasukan.

Rencananya, AS akan mengikutsertakan dua kapal perang dalam latihan perang bersama TNI AL, dan selain USNS Millinocket juga dijadwalkan akan sandar di Tanjung Perak adalah Kapal Perang USNS Salvor, yakni pada Selasa, 2 Agustus 2016.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016