Surabaya, (Antara Jatim) - Vice President I Asosiasi Pengusaha Pengolahan dan Pemasaran Produk Perikanan Indonesia (AP5I) Johan Suryadarma mengatakan udang Indonesia berpotensi masuk ke pasar Tiongkok, karena tingginya konsumsi di negara tersebut.

"Potensi pasar ekspor ke Tiongkok ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin, karena sejumlah negara permintaan udangnya sedang turun, seperti Jepang dan pada 2011 impor udang Jepang tercatat masih sekitar 200 ribu ton, dan terus turun," kata Johan di Surabaya, Sabtu.

Johan mengatakan meningkatnya konsumsi udang warga Tiongkok memicu kebutuhan impor negara itu, meski sebelumnya negara tersebut dikenal sebagai produsen dan mengekspor produksi udangnya ke berbagai negara.

"Tiongkok saat ini juga sedang melirik udang impor beberapa negara, salah satunya udang produksi Indonesia, dan mereka juga sempat memfasilitasi industri pengolahan asal Indonesia untuk berpartisipasi dalam pameran "China International Aquatic Products Exposition"," ucapnya. 

Jonan mencatat ada sebanyak 11 perusahaan pengolahan udang yang ikut dalam pameran yang diselenggarakan di Zhanjiang, Guangdong Juni 2016 itu.

Meski demikian, Indonesia harus bersaing dengan negara produsen lainnya untuk merebut pasar Tiongkok, seperti Ekuador, Vietnam dan Thailand yang juga gencar mendorong ekspor komoditas udang ke Tiongkok.

"Oleh karena itu, potensi Indonesia harus didorong daya saing produksi udangnya, sehingga bisa ekspor ke sana," ujarnya.

Jonan mencatat, total perusahaan Indonesia berskala kecil dan besar yang tercatat layak dan mengantongi izin dari Tiongkok untuk ekspor ke negara itu mencapai 436 perusahaan.

"Meski ada sebanyak 436 perusahaan yang sudah memiliki approval numbers dari Tiongkok, tapi belum berarti bisa mengekspor ke negara lain, sebab ketentuan tiap negara berbeda," tuturnya.

Jonan menjelaskan, meski memiliki izin dari negara bersangkutan ekspor budi daya ikan harus tetap dilengkapi sejumlah dokumen pendukung, salah satunya sertifikat kesehatan, kemudian kemasan.

Sementara itu, berdasar data yang dilansir "International Trade Centre" (ITC) impor udang Tiongkok pada 2015 mencapai 102.843 MT dengan nilai USD 754,5 million. 

Angka itu secara volume naik 31,7 persen dan secara nilai meningkat sebesar 36 persen, dengan negara importir utama adalah dari Ekuador dengan persentase mencapai 25 persen dari total udang yang diimpor Tiongkok.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016