Situbondo (Antara Jatim) - Prajurit Korps Marinir TNI AL melakukan pendaratan di Pantai Banongan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Jumat, dalam latihan  terpadu 2016.
     
Sebanyak 822 prajurit itu melakukan pendaratan menggunakan tank amfibi dari kapal perang yang dipimpin oleh Komandan Pasukan Pendarat (Pasrat) Letkol Marinir Bakti Dasasasi Penanggungan yang sehari-hari menjabat Komandan Batalyon Infanteri-3 Marinir.
     
Selain melibatkan prajurit, latihan itu  juga menurunkan beberapa material tempur yang dimiliki Korps Marinir TNI AL, diantaranya 12 unit LVT-7A1, lima unit BMP-3F, lima unit Kapa K-61, dan tiga pucuk Howitzer-105 serta perahu karet beserta motor tempelnya.
     
Seluruh personel dan material tempur Korps Marinir TNI AL melaksanakan Latihan Marinir Terpadu (Latmardu) tahun 2016 itu didaratkan dari KRI Surabaya-591, KRI Teluk Banten-516, serta sebagian menggunakan helikopter jenis Bell dan pesawat Cassa.
     
Latihan pendaratan amfibi diawali dengan taklimat atau perintah dari Panglima Komando Tugas Gabungan Amfibi (Pangkogasgabfib) kemudian dilanjutkan dengan bantuan tembakan kapal. Setelah itu meluncurlah Tank BMP-3F pada gelombang pertama disusul gelombang berikutnya, yakni kapal LVT-7A1, dilajutkan kapal jenis Kapa K-61 yang mengangkut peluncur meriam Howitzer 105 mm.
     
Setelah semua personel dan material tempur mendarat, dilanjutkan dengan penembakan menggunakan Howitzer 105 mm ke sasaran musuh, pergerakan tank BMP-3F dan penyerbuan sasaran oleh prajurit Infanteri Korps Marinir beserta senjata bantuan untuk merebut sasaran.
     
Selain itu juga dilaksanakan penyerbuan dengan lintas helikopter yang berada di daerah latihan Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Korps Marinir Baluran.
     
Pendaratan tersebut disaksikan oleh Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Lukman, Komandan Kolatmar Kolonel Marinir Imam Sopingi, Komandan Brigif-1 Kolonel Marinir Sugianto, Komandan Menbanpur-1 Kolonel Marinir Edy Cahyo Sumarno, Komandan Menkav-1 Kolonel Marinir Agung Trisnanto, Asintel Komandan Pasmar-1 KolonelMarinir F.P Marpaung, Asops Komandan Pasmar-1 KolonelMarinir I Made Sukada, Aspers Komandan Pasmar-1 Letkol Marinir Mauriadi. (*)

Pewarta: Masuki M. Astro

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016