Malang (Antara Jatim) - Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, di ajang Musyawarah Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2016 di Jambi pada 26-27 Juli 2016, berupaya dan berjuang untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Apeksi 2017.

"Kami perjuangkan agar tahun depan dipercaya sebagai tuan rumah Apeksi. Oleh karena itu, beberapa pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Malang diterbangkan ke Jambi agar bisa memantau Munas Apeksi yang akan berakhir hari ini (Rabu, 27/7)," kata Wali Kota Malang Moch Anton dalam rilisnya yang diterima Antara di Malang, Rabu.

Selain untuk memantau penyelengagraan Apeksi 2016, lanjutnya, kehadiran sejumlah SKPD tersebut,  juga aktif dalam pembahasan-pembahasan selama Munas berlangsung. "Kami menyambut positif Munas Apeksi di Jambi tahun ini, karena akan melahirkan sejumlah rekomendasi penting bagi pemerintah kota di seluruh Indonesia," urainya.

Menurut Anton, Munas Apeksi sangat penting bagi dinamika perkembangan pemerintahan kota di Tanah Air. "Mudah-mudahan tahun depan penyelengaranya adalah Kota Malang karena banyak hal yang bisa disuguhkan pada para peserta Apeksi dan kemungkinan juga banyak ide brilian yang muncul dari Kota Malang," ujarnya.
  
Sejumlah SKPD terkait di lingkungan Pemkot Malang banyak yang diajak menghadiri perhelatan Munas Apeksi di Jambi, sehingga pada saat rapat paripurna jawaban fraksti terkait RAPBD banyak yang tidak hadir, sehingga para wakil rakyat tesrebut "marah".

Sementara itu Wali Kota Jambi Irsyad Fasya dalam sambutannya mengaku cukup bangga karena kota Jambi ditunjuk sebagai tuan rumah Munas Apeksi yang dilakukan empat tahun sekali itu.

"Agenda Munas Apeksi, selain pemilihan ketua umum baru, juga membahas beberapa hal yang berkaitan dengan seluk beluk pemerintahan kota dan akan melahirkan rekomendasi. Mudah-mudahan rekomendasi dari Jambi bermanfaat bagi Indonesia ke depannya," kata Irsyad.

Ia mengatakan berdasarkan data Bank Dunia, 60 persen penduduk dunia pada 2025 akan tinggal di perkotaan. "Itu tantangan tersendiri bagi para wali kota dalam mengatur pemerintahannya agar lebih baik," ucapnya.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016